Sukses

5 Cara Efektif Tingkatkan Konsentrasi Kerja

Agar bisa mendapatkan produktivitas maksimal dari pekerjaan yang dilakukan, Anda memerlukan konsentrasi yang tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Apapun aktivitas yang Anda lakukan baik itu bekerja, belajar atau aktivitas lainnya tentu membutuhkan fokus dan konsentrasi yang baik. Tujuannya adalah agar Anda bisa mendapatkan produktivitas maksimal dari aktivitas yang Anda lakukan.

Menurunnya konsentrasi saat belajar dan bekerja merupakan hal yang kerap terjadi. Ketika kondisi ini datang, Anda pasti akan mencari cara untuk meningkatkan konsentrasi Anda kembali.

Ada berbagai cara sehat untuk meningkatkan konsentrasi, baik yang melibatkan aktivitas fisik atau yang berhubungan dengan pola makan.

Seperti yang dilansir dari laman cheatsheet.net, Senin (19/10/2015) berikut beberapa cara yang dapat Anda coba jika ingin mengetahui 5 cara sehat untuk meningkatkan konsentrasi baik saat belajar ataupun bekerja:

1. Biasakan Sarapan

Pertama dan yang paling penting untuk meningkatkan konsentrasi saat bekerja dan belajar adalah sarapan pagi. Mengapa? Sebuah studi yang digelar di Queensland University Australia menemukan bahwa membiasakan diri dengan sarapan pagi dapat meningkatkan memori dan kewaspadaan saat beraktivitas.

Mereka juga menemukan tingkat konsentrasi yang lebih rendah pada peserta ujian yang tidak sarapan di pagi hari, sehingga hasil ujian mereka pun buruk.

2. Konsumsi Wortel

Sayuran segar berwarna oranye ini memiliki senyawa yang disebut luteolin. Fungsinya adalah mengurangi peradangan otak dan membantu mengurangi penurunan memori yang berkaitan dengan usia.

Sebagai zat yang efektif untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, luteolin juga banyak ditemukan pada paprika dan seledri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Olahraga

3. Berolahraga

Setiap orang butuh lebih dari sekedar duduk seharian di depan komputer atau meja belajar. Tubuh butuh aktif bergerak karena memang didesain seperti itu.

Maka, aktiflah berolahraga agar Anda tidak menyalahi kodrat ini. Berolahraga bisa menjadi cara yang cukup efektif untuk meningkatkan konsentrasi.

Sempatkan untuk berolahraga 20-30 menit setiap hari, baik latihan beban, jogging, bersepeda dan lainnya. Selain membantu meningkatkan konsentrasi, rajin berolahraga juga bisa memperbaiki kualitas tidur Anda.

Tidur berkualitas juga menjadi faktor penting agar konsentrasi Anda tetap terjaga sepanjang hari.

4. Meditasi

Ini adalah cara konvensional yang telah digunakan sejak ratusan tahun lalu baik untuk meredakan stres maupun meningkatkan konsentrasi otak. Di sela kesibukan Anda, cobalah berhenti sejenak. Tarik napas dalam-dalam dari hidung.

Bayangkan Anda sedang berada di pantai dengan hembusan angin yang lembut, kicauan burung, diiringi dembur ombak yang menyapu pasir.

Hembuskan napas dari mulut bersama segala kepenatan, stres dan permasalahan yang Anda rasakan saat ini. Lakukan meditasi selama 5 menit maka otak Anda akan kembali segar dan lebih fokus pada pekerjaan.

5. Kurangi Karbohidrat

Tim peneliti dari Queensland University Australia juga menemukan bahwa pola makan tinggi karbohidrat dan rendah protein dapat mengurangi kinerja otak sebanyak 25 persen.

Ini artinya Anda perlu mengubah menu makan Anda menjadi rendah karbohidrat, tinggi protein dan Omega-3 untuk meningkatkan konsetrasi bekerja.

Omega-3 adalah nutrisi penting untuk meningkatkan kemampuan kognitif termasuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat otak. (Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini