Sukses

Belanja di Bukalapak Bisa Bayar di Indomaret

Metode pembayaran masih menjadi salah satu kendala berkembangnya bisnis jual beli online atau e-commerce di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Bukalapak.com, salah satu situs marketplace di Indonesia, menjalin kerja sama dengan Indomaret untuk memberikan tambahan layanan kepada para pelanggan. Dalam kerja sama ini, pelanggan Bukalapak.com bisa menyelesaikan transaksi pembayaran di outlet Indomaret yang jumlahnya lebih dari 11.500 gerai di seluruh Indonesia. 

CEO dan Co-Founder Bukalapak.com, Achmad Zaky menjelaskan, kerja sama transaksi pembayaran dengan Indomaret ini adalah sebagai bentuk komitmen dan inovasi Bukalapak.com untuk memberikan kemudahan, kenyamanan, dan keamanan bagi pembeli yang berbelanja di Bukalapak.com.

Zaky bercerita, metode pembayaran masih menjadi salah satu kendala berkembangnya bisnis jual beli online atau e-commerce di Indonesia, mengingat kepemilikan rekening bank masih cukup rendah. Masyarakat yang tidak memiliki rekening bank menjadi enggan untuk berbelanja online karena harus transfer dana untuk pembayaran belanja.

Mengutip data yang disampaikan pejabat eksekutif Finance & Strategy PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, total pemilik rekening bank di Indonesia hanya sekitar 60 juta orang dari total populasi penduduk di Indonesia yang berkisar 250 juta jiwa.

“Untuk itu Bukalapak.com menghadirkan fitur pembayaran belanja dengan menggandeng Indomaret agar pembeli tetap bisa bertransaksi meskipun mereka tidak memiliki rekening bank,” jelas Zaky.



Pembayaran melalui Indomaret selain secara kontan dapat juga menggunakan metode pembayaran lain seperti kartu debit, Indomaret Card, vouvher Indomaret, Flazz, E-money. 

Proses pembayarannya pun juga cukup mudah. Setelah memilih barang yang hendak dibeli di Bukalapak.com, pembeli kemudian memilih metode pembayaran via Indomaret dan mencatat nomor transaksi. Kemudian bayar ke kasir Indomaret di mana saja sesuai nomor transaksi.

Setelah proses pembayaran di Indomaret selesai, sistem Bukalapak akan memverifikasi status pembayaran secara otomatis. Tetapi jika transaksi mengalami kendala, foto struk transaksi pembayaran di Indomaret dan kirimkan ke Customer Service Bukalapak untuk konfirmasi.

Selanjutnya tinggal menunggu barang pesanan datang ke alamat yang dituju. Bukan diambil di Indomaret tempat melakukan pembayaran. Apabila barang belum dikirim dalam waktu 4x 24 jam maka Bukalapak akan mengembalikan uang ke dalam Buka Dompet, bukan ke pihak Indomaret.

Indomaret menyambut baik kerja sama transaksi pembayaran dengan Bukalapak.com. Menurut Wiwiek Yusuf, Marketing Director PT Indomarco Prismatama, sebagai perusahaan pemegang merek Indomaret, selain memudahkan pembeli di Bukalapak, kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah dan frekuensi kunjungan konsumen ke Indomaret.

Sejak dibuka 28 September 2015 layanan baru ini mendapat respon positif terlihat dari jumlah transaksi yang terus meningkat, tercatat hingga pertengahan bulan Oktober 2015 jumlah transaksinya lebih dari 3.700 kali. 

“Paling tidak dengan 1 juta pembeli di Bukalapak per bulan, kami optimis 25 persen di antaranya akan melakukan pembayaran di Indomaret,” kata Wiwiek.

Untuk memanjakan konsumen, mulai tanggal 1 November hingga 31 Desember 2015 mendatang, Indomaret memberikan gratis sebotol Teh Hijau Melati Indomaret setiap transaksi pembayaran belanja Bukalapak di Indomaret. (Nur/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.