Sukses

Pertamina Targetkan 160 SPBU di Kalimantan Jual Pertalite

Pertamina terus agresif memasarkan Pertalite di seluruh wilayah di Kalimantan.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (persero) memperkenalkan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite di Kalimantan Barat pada Selasa (27/10/2015). Pada tahap awal, ada 12 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di provinsi itu yang melayani pengisian BBM beroktan 90 tersebut.

General Manager Pertamina Marketing Operation Region VI Kalimantan Mochamad Irfan mengatakan sejak peluncuran perdana Pertalite di Kalimantan Timur pada September, Pertamina terus agresif memasarkan Pertalite di seluruh wilayah di Kalimantan.

Saat ini, kata dia, tidak kurang 98 outlet siap menyalurkan Pertalite di Kalimantan, antara lain di Kalimantan Timur sebanyak 21 outlet, Kalimantan Selatan sebanyak 54 outlet, Kalimantan Tengah sebanyak 11 outlet, dan Kalimantan Barat sebanyak 12 outlet.

"Sehingga total penyalur tercapai 98 penyalur hanya dalam satu bulan," ujarnya di Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (27/10/2015).

Irfan menargetkan hingga akhir tahun ini jumlah outlet di Kalimantan yang menjual Pertalite mencapai 160 outlet.

"Target kami 160 outlet di Kalimantan hingga akhir tahun. Di Kalimantan Barat kita roll out terus. Target semua SPBU di Kalimantan Barat bisa jualan Pertalite," katanya.

Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Ahmad Bambang menyatakan dengan bertambahnya jumlah penyalur di Kalimantan, total outlet Pertalite di seluruh Indonesia kini mencapai 1.453 outlet.

Jumlah outlet tersebut tersebar di lebih dari 222 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia. "Pertalite menjadi pilihan produk Pertamina yang tidak disubsidi dan diharapkan dapat terus meningkatkan penjualannya," kata dia.

PT Pertamina (Persero) meluncurkan bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite di Kalimantan Barat, Selasa (27/10/2015). (Foto: Septian Deny/Liputan6.com)

Sebelumnya, Pertamina meluncurkan Pertalite di Kalimantan Barat pada Selasa (27/10/2015) ini. Pada tahap awal akan ada 12 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kalimantan Barat yang mendapatkan jatah untuk menyalurkan Pertalite.

Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Ahmad Bambang mengatakan Pertalite di Kalimantan Barat sebagian besar akan disuplai dari depo mini atau jobber Pertamina yang ada di Kabupaten Sanggau.

"Kami mulai perkenalkan Pertalite di Kalimantan Barat. Nanti yang dipasarkan ke Pontianak akan dikirim dari jobber Sanggau," ujarnya.

Ahmad menjelaskan pada tahap awal ada 12 SPBU yang akan menyalurkan Pertalite. Peluncuran Pertalite di Kalimantan Barat tersebut akan dilaksanakan di SPBU Jalan Ahmad Yani, Pontianak.

Masing-masing SPBU mendapat jatah Pertalite 3 kiloliter (KL) per hari. Namun pasokan tersebut akan ditambah sesuai dengan kebutuhan masyarakat pada masing-masing SPBU.

"Dua belas SPBU dikali 3 KL sehari. Berarti sehari bisa 35 KL. Nanti sambil berjalan akan bertambah. Terus akan kami kirim dari Sanggau penambahannya," kata dia.

Berikut ini daftar 12 SPBU di Kalimantan Barat yang menjual BBM Pertalite:

1. SPBU Jalan Ahmad Yani Pontianak
2. SPBU Jalan M Yamin Pontianak
3. SPBU Jalan KH Achmad Dahlan Pontianak
4. SPBU Jalan Tanjungpura Pontianak
5. SPBU Jalan Sultan Hamid Pontianak
6. SPBU Jalan Raya Pontianak-Mempawah Desa Sui Bakau Besar Laut
7. SPBU Desa Sukaraja Ketapang
8. SPBU Jelimpo Landak
9. SPBU Karangan Landak
10. SPBU Tanyan Sanggau
11. SPBU Mawang Sintang
12. SPBU Tugu Beji Sintang.

(Dny/Gdn)**

 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • Pertalite adalah bahan bakar gasoline yang memiliki angka oktan 90.

    Pertalite