Sukses

Wapres JK: RI Bakal Sulit Bersaing Bila Tak Bergabung dengan TPP

Wapres Jusuf Kalla menuturkan Indonesia berencana gabung dengan TPP untuk dapat bersaing dengan negara lain.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menuturkan Indonesia perlu bergabung dengan Trans Pacific Partnership (TPP) agar tidak sulit bersaing dengan negara lain.

"Kita rencanakan (gabung TPP) karena kalau tidak,  kita akan kalah, sulit bersaing dengan negara lain," kata JK, di Hotel Aryaduta, Jakarta, Selasa (27/10/2015).

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan keinginan bergabung dalam TPP dalam kunjungannya ke Amerika Serikat (AS). Jokowi menyampaikan ekonomi Indonesia termasuk ekonomi terbuka, dengan jumlah penduduk 250 juta jiwa. Kondisi demikian membuat Indonesia termasuk ekonomi terbesar di Asia Tenggara.

"Dengan jumlah penduduk 250 juta, Indonesia adalah ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Indonesia bermaksud untuk bergabung dalam Trans-pacific Partnership," kata Jokowi dalam jumpa pers bersama di Camera Spray, Gedung Putih, ‎seperti dikutip dari siaran pers Tim Komunikasi Presiden.

TPP saat ini diikuti oleh 12 negara, yakni Brunei, Cile, Selandia Baru, Singapura, Amerika Serikat, Australia, Kanada, Jepang, Malaysia, Meksiko, Peru, dan Vietnam. Kesepakatan TPP itu dicapai pada 5 Oktober 2015. Kesepakatan tersebut akan membentuk 40 persen dari ekonomi dunia.

Kesepakatan dalam perjanjian TPP ini untuk menekan hambatan perdagangan barang dan jasa serta menetapkan peraturan komersial. Hal ini untuk meruntuhkan tarif dan kuota impor. (Silvanus A/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • TPP

Video Terkini