Sukses

Bendung Jabung Bisa Aliri 15 Ribu Hektare Sawah di Lampung

Proyek bendung gerak Jabung, Lampung Timur, bakal beroperasi pada pertengahan 2016.

Liputan6.com, Lampung Timur - Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menargetkan proyek bendung gerak Jabung, Lampung Timur, bakal beroperasi pada pertengahan 2016. Jika selesai sepenuhnya, 15 ribu hektare (ha) sawah akan mendapatkan pasokan irigasi.

Basuki mengatakan, pekerjaan fisik dari bendung ini akan selesai pada April 2016, dan beroperasi Juni 2016. Namun, kata Basuki, saluran irigasi untuk mendukung penuh fungsi dari bendung ini akan selesai seluruhnya pada 2018.

"Bendung ini beroperasi tidak perlu menunggu irigasinya selesai. Jadi bisa secara bertahap," jelas Basuki kala berkunjung ke lokasi, Desa Jabung, Lampung Timur, Lampung, ditulis Jumat (6/11/2015).

Beroperasinya bendung ini akan berdampak positif bagi pertanian dan perikanan di sekitarnya. Dikatakan Basuki, selain membangun bendung tersebut, akan dibuat juga saluran irigasi sepanjang 10 kilometer (10 km). Saluran irigasi tersebut, kata Basuki, akan dialirkan ke sawah.

"Yang di sebelah kiri itu 5.000 hektare, dan sebelah kanan 10 ribu hektare, jadi ini hanya bendung irigasi," tuturnya.

Hingga saat ini, pekerjaan fisik dari proyek bendung sudah mencapai 82 persen. Menurut Basuki, untuk pekerjaan bendung senilai Rp 173 miliar, dananya berasal dari pinjaman Japan International Corporation Agency.

"Yang irigasi pakai dana APBN," tuturnya. (Zul/Ndw)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini