Sukses

15 Tahun Lagi, Banyak Profesi yang Bakal Digantikan Mesin

Hanya orang-orang yang memiliki kreativitas yang akan mampu bertahan dan berkembang.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah profesi atau jenis pekerjaan diperkirakan bakal tergilas oleh kemajuan teknologi informasi (IT) pada 2030. Hanya orang-orang yang memiliki kreativitas yang akan mampu bertahan dan berkembang.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Sofyan Djalil mengutip hasil studi seorang ekonom di Amerika Serikat (AS), sebanyak 47 persen dari jenis pekerjaan saat ini akan menghilang pada 2030.


"Karena digantikan smart mechine dan IT. Barangkali sebentar lagi supir truk tidak diperlukan lagi, karena ada IT canggih yang bisa menggantikannya," ujar Sofyan saat Workshop Indonesia Menuju Pembangunan Berkelanjutan di Jakarta, Selasa (10/11/2015).

Ia mengatakan, orang-orang kaya di masa lalu hanya mampu mengelola toko dengan jumlah minim sebanyak 6-7 toko. Tapi kini, manajemen perusahaan bisa terbantu dengan kehandalan IT meskipun harus mengelola sampai 1 juta toko sekalipun.

"Dengan pengelolaan yang lebih baik, pengusaha bisa mengantongi kekayaan dengan mudah. Tapi perkembangan IT ini harus diikuti oleh kreativitas. Kita perlu orang kreatif, dan orang seperti ini bisa diproduksi dari pendidikan berkualitas. Jadi jangan cuma duduk manis dan berpangku tangan," harap Sofyan.(Fik/Ndw)

 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini