Sukses

Mau Santai Berlibur Tanpa Diganggu Pekerjaan? Simak Tips Ini

Sangat penting mempersiapkan segala hal sebelum berlibur. Mulai dari pekerjaan, kesehatan hingga urusan rumah tangga.

Liputan6.com, New York - Liburan seharusnya menjadi momen untuk menjernihkan pikiran dan keluar sejenak dari rutinitas harian yang membuat pikiran penat.

Tapi yang banyak terjadi, seringkali waktu santai terganggu oleh 'bombardir' telepon dari atasan atau rekan kerja yang menanyakan tugas-tugas yang sebelumnya Anda tangani. Atau kondisi fisik yang tiba-tiba menurun.

Jika hal itu sering terjadi, berarti ada yang salah dari cara Anda mengatur waktu dan jadwal liburan. Sangat penting mempersiapkan segala hal sebelum berlibur. Mulai dari pekerjaan, kesehatan hingga urusan rumah tangga.

Berikut beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk mengurangi waktu kerja ketika sedang berlibur dilansir dari laman cheatsheet.net, Sabtu (14/11/2015).

1. Menangani email masuk

Mendapatkan email penting terkait pekerjaan ketika sedang berlibur merupakan hal biasa terjadi. Di era teknologi yang sudah maju seperti sekarang ini, Anda hanya perlu menanganinya dengan cara yang praktis.

Anda dapat menggunakan telepon genggam Anda untuk membaca email yang masuk, setelah itu balas email tersebut dengan singkat dan jelas.

Pastikan waktu liburan Anda tidak menjadi terbuang percuama hanya karena menangani masalah ini. Batasi diri Anda untuk hanya membalas email yang dianggap benar-benar penting.

Selain itu, buat komitmen untuk hanya membuka email kantor ini di saat-saat tertentu seperti beberapa menit di pagi hari. Hal ini akan membantu Anda untuk tetap fokus pada liburan yang sedang dijalani.

2. Gunakan tablet

Tidak dapat dipungkiri, terkadang liburan Anda sering terganggu dengan adanya pekerjaan dadakan yang harus segera diselesaikan.

Apabila hal ini terjadi, Anda dapat memanfaatkan penggunaan tablet untuk menangani pekerjaan tersebut. Beberapa merk tablet seperti iPad atau Android memiliki beberapa aplikasi seperti microsoft office dapat Anda pakai untuk menyelesaikan pekerjaan yang ada.

Menggunakan tablet merupakan solusi lebih praktis yang dapat Anda pilih dibandingkan harus membawa laptop ke tempat liburan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaringan 4G

3. Gunakan jaringan 4G

Koneksi internet yang baik sudah pasti Anda butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan yang ada. Namun terkadang, wi-fi hotel biasanya  memiliki koneksi internet yang tidak begitu baik. Belum lagi ditambah harga sewanya yang cukup mahal.

Oleh karena itu, demi mengurangi dan mempercepat penyelesaian pekerjaan yang ada, akan lebih baik apabila Anda menggunakan jaringan 4G pada telepon genggam yang Anda miliki.

Nantinya, telepon genggam ini juga berfungsi sebagai modem yang dapat membantu Anda mendapatkan koneksi internet yang diinginkan.

4. Tinggalkan semua pekerjaan Anda di rumah

Anda mungkin sudah pernah mendengar hal ini berulang kali. Ya, hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk diri sendiri ketika berlibur adalah meninggalkan semua beban pekerjaan Anda di rumah.

Bukan merupakan hal salah untuk tidak menyentuh sama sekali semua pekerjaan Anda selama satu atau dua minggu selama liburan. Hal tersebut akan berdampak pada pikiran Anda yang lebih jernih. 

Habiskan seluruh waktu Anda dengan teman dan keluarga. Jangan lupa untuk nikmati pemandangan yang ada. Ingat, Anda mungkin akan sangat sulit untuk mendapatkan waktu seperti itu lagi. (Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini