Sukses

Sebelum Kaya Raya, Ini Pekerjaan Pertama Para Miliarder Dunia

Tidak semua anak yang lahir di dunia ini berasal dari kalangan punya, termasuk sebagian orang yang kini sukses menyandang predikat miliarder

Liputan6.com, Jakarta - Tidak semua anak yang lahir di dunia ini berasal dari kalangan punya, termasuk sebagian orang yang kini sukses menyandang predikat miliarder.

Mereka sempat merasakan bekerja seperti orang kebanyakan seperti bekerja di toko, staf kebersihan, asisten dosen dan lain sebagainya. Berikut ini 6 miliarder diantaranya, dilansir dari gobankingrates Jumat (20/11/2015) :  

1. Oprah Winfrey

Kekayaan: US$ 3 miliar atau sekitar Rp 41 triliun (kurs Rp 13.742 per dolar AS)

Sebelum Oprah Winfrey menjadi miliarder, ia bekerja di toko sebelah tempat pangkas rambut ayahnya. Menginjak usia 16, dia mendapat pekerjaan di WVOL, sebuah stasiun radio yang akhirnya mengantarkan ia menjadi presenter ternama.

2. Elon Musk

Kekayaan: US$ 12 atau sekitar Rp 164 triliun

Pendiri Tesla Motors ini adalah manaiak teknologi. Ketika ia baru berusia 12 tahun, Elon Musk menulis kode program permainan video gamenya sendiri yang berjudul "Blastar," yang mana pada akhirnya ia menjualnya tersebut untuk mendapatkan uang.

Dia memiliki bakat untuk sukses, sehingga pada pada usia 28, Musk sudah menjadi konglongmerat.

3. Mark Zuckerberg

Kekayaan: US$ 37 atau sekitar Rp 507 triliun

Di bangku kuliah, Mark Zuckerberg mengembangkan jejaring sosial Facebook. Namun, sebelum itu, saat masih SMA, Mark menciptakan versi awal dari perangkat lunak streaming musik yang disebut synapse.

Beberapa perusahaan perangkat lunak, termasuk Microsoft dan AOL, berminat untuk membeli synapse, dan menawarkan Mark pekerjaan, namun ia lebih memilih untuk kuliah dibadingkan bekerja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jan Koum

4. Jan Koum

Kekayaan: US$ 7 miliar atau sekitar Rp 96 triliun

CEO dan juga salah seorang pendiri aplikasi pengirim pesan WhatsApp pindah dari Ukraina ke Mountain View, California.

Ibunya bekerja sebagai babysitter, dan Jan Koum bekerja menyapu lantai toko kelontong untuk membiayai hidup mereka saat itu.

5. George Lucas

Kekayaan: US$ 5 miliar atau sekitar Rp 68 triliun

Sutrada,produser, dan penulis skenario terkenal George Lucas sukses melahirkan film-film luar biasa diantaranya Star-Wars, dan Indiana Jones.

Pekerjaan yang pertama kali dilakoninya adalah menjadi asisten dosen untuk melatih juru kamera bagi militer AS. Setelah lulus dari University of Southern California, ia mendapatkan kesempatan magang di bagian produksi Warner Brothers.

6. Larry Page

Kekayaan: US$ 31 miliar atau sekitar Rp 425 triliun

Salah satu pendiri Google Larry Page sepanjang hidupnya tidak lepas dari komputer. Ia adalah anak seorang profesor Ilmu Komputer di Michigan State University.

Larry mendapatkan komputer pertamanya pada usia 6 tahun. Setelah meraih gelar sarjana dibidang teknik dengan konsentrasi teknik komputer, ia mendapatkan pekerjaan pertamanya sebagai Advanced Management Systems di Washington DC, dan di perusahaan CogniTek di kota Evanston, negara bagian Illinois. (Ilh/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.