Sukses


Simak Feng Shui Ini Sebelum Mendesain Kamar Mandi

Salah satu hal yang patut diperhatikan dalam merancang tata letak ruang adalah penempatan kamar mandi.

Liputan6.com, Jakarta - Merancang tata letak ruang rumah memang gampang-gampang susah. Salah-salah, tata letak ruang rumah bisa mengacaukan feng shui yang membuat penghuninya tertimpa bermacam apes. Salah satu yang patut diperhatikan dalam merancang tata letak ruang adalah penempatan kamar mandi.

Di dalam fengshui ada unsur ‘yin’ dan ‘yang’, melambangkan energi positif dan negatif. Kamar mandi sendiri berada pada unsur negatif sehingga tidak boleh bersinggungan langsung dengan ruangan-ruangan lain yang memiliki unsur positif.

Dahulu kala, hal itu mudah dilakukan karena biasanya kamar mandi dan toilet terletak terpisah dari bangunan utama. Kini, seiring kian tingginya harga tanah dan bangunan, lahan untuk rumah mulai mengecil dan letak kamar mandi bergeser ke dalam bangunan utama. Ahli fengshui Mauro Rahardjo memberikan tips-tips singkat dalam memilih posisi kamar mandi di rumah, seperti dikutip dari www.rumah.com, Minggu (22/11/2015). Berikut di antaranya:

1. Kamar mandi tidak boleh berhadap-hadapan dengan dapur

Dapur memiliki unsur api dan melambangkan mata pencaharian seseorang. Meletakkan kamar mandi, yang memiliki unsur air, di depan dapur dianggap tidak baik karena unsur air akan mematikan api. Akibatnya, pendapat penghuni akan terganggu. Selain itu, mulut api kompor tidak boleh ada di depan wastafel.

2. Jangan menempatkan kamar mandi/toilet di dekat tempat tidur

Sebagai ruangan dengan unsur negatif, kamar mandi sebaiknya tidak diletakkan di dekat tempat tidur. Terutama bagian kepala ranjang tidak boleh menempel atau bersebelahan dengan dinding kamar mandi. Hal ini diyakini akan mengganggu kesehatan sang penghuni.

3. Hindari menempatkan kamar mandi/toilet di dekat tempat ibadah

Menempatkan kamar mandi/toilet bersebelahan dengan tempat ibadah seperti mushola atau altar sembahyang tidak dianjurkan. Selain itu, bagi pemeluk agama Islam, tidak disarankan untuk menempatkan kamar mandi/toilet di arah kiblat.

4. Hal yang harus diperhatikan untuk penempatan kamar mandi/toilet di lantai atas

Rumah bertingkat adalah salah satu solusi untuk mengatasi kekurangan lahan di masa kini. Namun konsekuensinya, Anda harus sangat berhati-hati dalam merancang tata letak ruangan. Saat mencari posisi yang tepat untuk kamar mandi/toilet, hal yang harus dihindarkan adalah menempatkannya di atas kamar tidur, dapur, maupun tempat ibadah. 

5. Perhatikan arah hadap kamar mandi/toilet
Kamar mandi/toilet sangat berkaitan dengan jalan. Jangan menempatkan closet membelakangi jalan. Hal ini berarti membelakangi rejeki. Tetapi jangan pula menghadapkan closet ke jalan, karena rejeki akan terbuang ke closet. Namun, satu hal yang juga harus diperhatikan adalah jangan menempatkan closet segaris dan menghadap pintu kamar mandi.(Boy L/Ahm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.