Sukses

Gubernur Banten Sebut Australia Serius Bangun Resort Sapi

Pembangunan "resort" khusus sapi itu akan dilakukan di kabupaten Lebak dan Pandeglang.

Liputan6.com, Serang - Gubernur Banten, Rano Karno mengatakan, Australia sangat berminat membuat pelabuhan khusus hewan ternak. Hal itu usai kunjungannya ke Australia.

"Australia sangat tertarik membuat pelabuhan khusus sapi," ujar Rano Karno, Senin (23/11/2015).

Ia mengatakan, Banten memiliki garis panjang mencapai 500 kilometer (KM) dapat memudahkan untuk pendirian pelabuhan itu. Apalagi perairan Banten dianggap strategis karena dekat dengan Australia, Jakarta dan Sumatra. "Sangat mudah membangun dan mengirim pelabuhan khusus," tutur dia.

Selain itu, jika membangun pelabuhan baru khusus pengiriman hewan ternak sangat memudahkan alur distribusi. "Karena di Tanjung Priuk di dalamnya luas, tetapi luarnya sempit," kata dia.

Adapun kunjungan Rano Karno ke Australia sebagai tindak lanjut dari niatan negeri Kangguru yang akan membangun properti unik khusus sapi di Banten.

Bila hal itu berwujud maka akan menjadi "sparing partner" KEK Tanjung Lesung sebagai kawasan wisata berkelas internasional. Bila resort khusus sapi terwujud seperti Rumah Potong Hewan (RPH) hingga pengolahannya terwujud maka akan menjadi destinasi wisata tersendiri.

Pembangunan resort khusus sapi itu akan dilakukan di kabupaten Lebak dan Pandeglang. Dengan demikian diharapkan jika investasi ini terwujud maka provinsi Bantek akan menjadi pintu gerbang ekspor Australia-Indonesia. (Yandhi D/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini