Sukses

Hadapi Natal, KAI Operasikan Kereta Api Penumpang Terpanjang

KA Kertajaya Tambahan, yang bakal menarik 16 gerbong tersebut rencananya beroperasi pada 4 Desember 2015.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan mengoperasikan kereta api penumpang jarak jauh‎ dengan menggunakan 16 gerbong kereta untuk melayani penumpang pada momen libur Natal dan Tahun Baru ini.

KA Kertajaya Tambahan, yang bakal menarik 16 gerbong tersebut rencananya beroperasi pada 4 Desember 2015.

Banyaknya jumlah gerbong yang ditarik, membuat  KA Kertajaya Tambahan ini menjadi KA penumpang terpanjang dari yang selama ini hanya 9-10 gerbong.

EVP Corporat Communication KAI Agus Komarudin menjelaskan penjualan tiket KA Keratajaya Tambahan ini sudah dilakukan sejak 26 November ini.

"Ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan KA jarak jauh seiring dengan terus meningkatnya volume penumpang dari tahun ke tahun, apalagi ini diluncurkan saat Natal dan Tahun Baru," kata Agus kepada Liputan6.com, Jakarta, Sabtu (28/11/2015).

‎Agus menambahkan dengan rangkaian yang lebih panjang tersebut, KA Kertajaya Tambahan ini mampu mengangkut 1484 penumpang sekali jalan. Berbeda dengan kereta reguler lainnya, KA Kertajaya Tambahan ini hanya akan dioperasikan saat-saat akhir pekan.

‎Adapun jam keberangkatan KA ini dari Stasiun Pasar Senen pada pukul 23.15 WIB dan akan tiba di Stasiun Pasar Turi, Surabaya pada pukul 10.25 WIB di hari berikutnya. Sementara keberangkatan dari Stasiun Pasar Turi sendiri pada pukul 22.00 WIB dan tiba di Stasiun Pasar Senen pada pukul 09.00 WIB.

‎"Namun, khusus untuk masa Angkutan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016, KA Kertajaya Tambahan akan dioperasikan 2 hari sekali‎," tegas Agus.


Dijelaskan Agus, 16 gerbong tersebut nantinya terdiri dari 14 gerbong penumpang dan 2 gerbong restorasi dan pembangkit yang akan ditempatkan pada bagian depan dan belakang kereta.

Masyarakat yang ingin mencoba layanan KA Kertajaya Tambahan sudah dapat melakukan pembelian sejak 26 November 2015 melalui channel resmi pembelian tiket KA dengan tarif promo sebesar Rp 125.000,- yang berlaku mulai keberangkatan tanggal 4 Desember 2015 hingga 10 Januari 2016.

Dengan diluncurkannya KA Kertajaya Tambahan dengan rangkaian yang lebih panjang ini, masyarakat memiliki lebih banyak pilihan jadwal keberangkatan dengan KA pada akhir pekan.

Pengoperasian KA ini pada masa Angkutan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 juga diharapkan dapat mengurangi kemacetan di jalan raya, terutama lintas Pantura, pada musim liburan akhir tahun kali ini. ‎(Yas/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.