Sukses

Bank BTN Diminta Fokus ke Kredit Perumahan

Fokus ke sektor perumahan untuk meluruskan peran bank dalam mengurusi pembiayaan jangka panjang.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah ingin menjadikan PT Bank Tabungan Negara Tbk (Bank BTN) menjadi bank yang khusus mengurusi sektor perumahan. Hal ini guna mempertegas peran Bank BTN.

Demikian disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) yang berharap agar langkah tersebut cepat terwujud.

"BTN kita sarankan untuk khusus perumahan sehingga menjadi bank perumahan supaya jelas saja. Kapan itu dilaksanakan, segera ya? Supaya khusus tak urus lain," kata dia di Jakarta, Rabu (2/12/2015).

Langkah itu juga untuk meluruskan peran bank dalam mengurusi pembiayaan jangka panjang.


"Jadi bank perumahan saja jangka panjang, apa yang dikhawatirkan miss match karena dana jangka pendek menjadi jangka panjang," tuturnya.

Dia mengatakan, dengan mengkhususkan pada sektor tertentu maka bank di Indonesia memiliki perencanaan yang jelas. Dengan itu, maka lembaga keuangan dunia akan membantu bank Indonesia.

JK ikut menuturkan industri perumahan penting bagi perekonomian Indonesia. Pasalnya, industri perumahan memberikan efek berkelanjutan terkait dengan industri lain.

"Industri perumahan sebagai tonggak ekonomi, melibatkan industri lainnya mempekerjakan begitu banyak orang, dari insinyur sampai buruh dasar," tandas Wapres. (Amd/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini