Sukses

4 Resep Ampuh Kelola Emosi di Kantor

Ada banyak faktor yang dapat membuat suasana hati memburuk, mulai dari hormon, hingga pekerjaan yang tidak selancar harapan.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang ingin mengawali hari dengan bad mood? Ada banyak faktor yang dapat membuat suasana hati memburuk, mulai dari hormon, masalah di rumah, hingga pekerjaan yang tidak selancar harapan.

Jika dibiarkan terus menerus, dapat terjadi ledakan emosi di tempat kerja, yang akan merugikan diri sendiri. Hindari hal tersebut dengan melakukan beberapa trik mudah ini seperti dilansir dari laman Enterpreneur.com, Jumat (4/12/2015)

Jangan dimasukkan ke hati

Ketika mendapatkan kritikan di tempat kerja, jangan tersinggung dulu. Lihat dulu apakah kritikan tersebut dapat menjadikan kita pribadi yang lebih baik.

Apabila mendengar saran yang kurang mengenakan atau pas di hati, jangan dimasukkan ke dalam hati, karena dapat tambah membuat bad mood.

Relaksasi

Sebelum bereaksi berlebihan atau mengatakan sesuatu yang mungkin akan Anda sesali, pergilah ke ruang atau bilik kantor.

Pisahkan diri Anda dengan rekan kerja lainnya kemudian lakukan teknik pernafasan untuk mengurangi tingkat stres. Cara ini cukup cepat dan efektif dalam meredam emosi di dalam hati, sekaligus mengurangi terjadinya stres.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya?

Hindari pikiran negatif

Kebiasaan memikirkan suatu hal secara berulang-ulang tidak hanya membuat Anda kehilangan banyak waktu, tapi juga menurunkan konsentrasi. Hal ini bisa mempengaruhi prestasi kerja Anda selama ini.

Berikan kesempatan untuk menenangkan diri sendiri dan mengembalikan fokus. Kemudian majulah dengan pola pikir baru, untuk mempertahankan prestasi baik selama berada di lingkungan rumah.

Tinggalkan deban di rumah

Terkadang kita berangkat kantor masih dengan kondisi bersungut-sungut, yang disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari urusan rumah, terjebak kemacetan, hingga hal lain yang dapat membuat Anda kehilangan fokus.

Saat sesampainya di kantor, sebisa mungkin tinggalkan perasaan negatif tersebut ketika berada di rumah. Jangan biarkan apa pun yang terjadi dalam kehidupan pribadi Anda merusak reputasi yang sudah dibangun susah payah. (Vna/Ndw)

 
 
 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.