Sukses

Investor Sepatu Adukan soal UMK 2016 ke BKPM

Pengusaha menemukan ada selisih kenaikan upah minimum kabupaten pada 2016 sekitar 1 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Lima perusahaan penanaman modal asing menyampaikan keluhannya mengenai Upah Minimum Kabupaten kepada Desk Khusus Investasi Tekstil dan Sepatu yang dibentuk oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).  

Hal tersebut terungkap dalam kunjungan kerja Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Franky Sibarani yang mengadakan pertemuan dengan 5 perusahaan sepatu bersama perwakilan Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Jawa Timur di Surabaya, Rabu (2/12/2015).

Pertemuan tersebut khusus diadakan menyusul ada isu hengkangnya perusahaan sepatu di Jombang yang menimbulkan potensi PHK karyawannya.

"Investasi sektor padat karya, baik baru maupun yang sudah beroperasi, menjadi perhatian khusus pemerintah, sehingga dibentuk Desk Khusus Investasi Tekstil dan Sepatu. Kita berusaha agar tidak terjadi PHK sebelum berkomunikasi melalui desk ini, "kata Franky dalam keterangan resmi ke media.

Franky menambahkan, meskipun belum ada rencana relokasi pabrik, perusahaan sepatu yang ada di Jombang mengeluhkan penetapan UMK tahun 2016 yang tidak sesuai dengan formula PP Pengupahan No 78/2015. UMK Jombang tahun 2016 naik 12,5 persen dari UMK tahun sebelumnya.

"Perhitungan sesuai formula PP 78/2015 kenaikannya sekitar 11,5 persen. Selisih 1 persen tersebut cukup terasa bagi investor sektor padat karya yang banyak menyerap tenaga kerja. Tadi perusahaan menyampaikan akan meminta penangguhan penetapan UMK kepada Gubernur Jawa Timur," ujar Franky.  

Sebelumnya beredar kabar bahwa tiga perusahaan alas kaki yang berlokasi di Jombang akan melakukan relokasi akibat penetapan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Jombang tahun 2016 sebesar Rp 1,92 juta. Ketiga perusahaan tersebut memperkerjakan sekitar 5.000 tenaga kerja yang berpotensi di-PHK jika menolak untuk ikut pindah.  (Yas/Ahm)**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini