Sukses

Riset: Orang Terkaya Dunia Jadi Penyumbang Emisi Karbon Terbesar

Setengah dari emisi karbon dunia ternyata dihasilkan dari aktivitas penduduk terkaya dari negara berkembang.

Liputan6.com, Paris - Fakta terbaru diungkap Oxfam, organisasi internasional yang fokus mengurusi masalah kemiskinan dan kesenjangan hidup, menunjukkan 10 persen penduduk terkaya di dunia merupakan penyumbang emisi karbon terbesar.

Dikutip dari laman Reuters, Jumat (4/12/2015), setengah dari emisi karbon dunia ternyata dihasilkan dari aktivitas penduduk terkaya dari negara berkembang. Bahkan, 10 persen orang terkaya tersebut mampu menghasilkan emisi karbon 11 kali lebih banyak dibandingkan dengan 3,5 juta penduduk miskin di dunia.

Emisi ini juga dihasilkan paling banyak dari penduduk di negara berkembang. Oxfam menuturkan bahwa 10 persen penduduk terkaya di India mampu menghasilkan empat kali emisi karbon lebih banyak dibandingkan dengan setengah penduduk miskin di Amerika Serikat.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam KTT Iklim yang diselenggarakan di Paris beberapa waktu lalu.

Salah satu halangan terbesar yang dihadapi berbagai negara di dunia adalah untuk mengumpulkan miliaran dolar demi mencegah negara berkembang untuk memakai bahan bakar karbon yang akhirnya berefek negatif pada lingkungan.

“Perubahan ilklim dan kesenjangan ekonomi ternyata memiliki pengaruh besar satu dengan lainnya yang akhirnya menjadi tantangan terbesar di abad ke-21 ini,” kata Tim Gore, Perwakilan Oxfam.

Lebih lanjut, Oxfam juga menuturkan bahwa penduduk miskin di berbagai negara sering kali memiliki persiapan paling rendah dalam menghadapi ancaman perubahan iklim dunia. Wanita dan anak-anak adalah individu paling rentan dalam menghadapi masalah ini.

Dengan ancaman pemanasan global yang kian parah, pertemuan bertajuk United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) Conference ot The Parties ke-21 (COP21) ini kembali akan menekankan kontribusi setiap negara untuk mengurangi dampak perubahan iklim tersebut. (*)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.