Sukses

Harga Bawang Merah Merangkak Naik

Kenaikan tersebut diperkirakan karena berkurangnya pasokan dari pusat penghasil bawang merah ke pasar.

Liputan6.com, Jakarta - Harga bawang merah di pasar tradisional di Jakarta merangkak naik menjelang akhir pekan ini. Kenaikan tersebut diperkirakan karena berkurangnya pasokan dari pusat penghasil bawang merah ke pasar.

Khaironi (36), salah satu pedagang sayuran di PD Pasar Jaya Pasar Mampang, Jakarta Selatan mengatakan, kenaikan tersebut sudah terjadi sejak akhir pekan lalu. Komoditas sayuran ini naik sebesar Rp 5.000 per kilogram (kg) dari sebelumnya Rp 20 ribu per kg menjadi Rp 25 ribu per kg.

"Naiknya pas sering hujan, itu mulai naik. Sekarang sudah naik Rp 5.000 dari sebelumnya kan cuma Rp 20 ribu," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Jumat (4/12/2015).


Dia memperkirakan kenaikan harga tersebut berkaitan dengan faktor cuaca di mana beberapa wilayah telah memasuki musim hujan sehingga pasokan bawang merah ke Jakarta terhambat.

"Biasanya kalau naik karena pasokannya kurang, itu bisa naik harganya. Mungkin karena cuaca juga. Tapi kalau yang beli normal-normal saja," kata dia.

Selain bawang merah, harga kentang juga naik Rp 2.000 per kg. Sedangkan harga tomat justru turun dari sebelumnya Rp 15 ribu per kg menjadi Rp 12 ribu per kg.

"Kentang juga harganya lagi naik, tadinya Rp 10 ribu sekarang jual Rp 12 ribu. Kalau yang turun itu tomat, tadinya sampai Rp 15 ribu, sekarang Rp 12 ribu. Tapi kalau yang lain masih stabil," tandas dia.

Berikut daftar harga sayuran di pasar tradisional berdasarkan pantauan Liputan6.com:

Bawang merah Rp 25 ribu per kg
Bawang putih Rp 28 ribu per kg
Cabai rawit merah Rp 32 ribu per kg
Cabai merah keriting Rp 32 ribu per kg
Cabai merah besar Rp 25 ribu per kg
Cabai rawit hijau Rp 30 ribu per kg
Cabai hijau keriting Rp 30 ribu per kg
Buncis Rp 25 ribu per kg
Kacang panjang Rp 20 ribu per kg
Terong Rp 10 ribu per kg
Bawang bombay Rp 28 ribu per kg
Timun Rp 12 ribu per kg
Pare Rp 12 ribu per kg
Tomat Rp 12 ribu per kg
Kentang Rp 12 ribu per kg
Sawi Rp 10 ribu per kg
Sawi putih Rp 12 ribu per kg. (Dny/Nrm)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.