Sukses

Jokowi Bakal Resmikan PLTG Terapung Akang

Ada empat kapal yang dibangun pembangkit listrik yang akan ditempatkan di wilayah pulau terpencil.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan peluncuran PLN Marine Vesse Power Plant Pembangkit Listrik Tenaga Gas/PLTG Apung Amurang.

Berdasarkan informasi yang diterima Liputan6.com, di Jakarta, Selasa (8/12/2015). Peresmian PLTG Apung Amurang akan dilakukan pada pukul 13.00 WIB, di Pelabuhan Tanjung Priok, IPC Car, Kalibaru Jakarta Utara.

Direktur Utama PLN Sofyan Basir mengungkapkan, ada empat kapal yang bakal dibangun pembangkit listrik. Pembangkit tersebut akan ditempatkan di wilayah pulau terpencil yang kekurangan listrik dan belum menikmati listrik. "‎Ada 4 kapal, di Amurang, Medan, Atambua, dan satu lagi lupa‎," kata dia.


Sofyan menambahkan, pembangkit listrik di atas kapal ini masing-masing akan memiliki kapasitas 120 Mega Watt (MW). Daya sebesar itu mampu menerangi setengah hingga satu kota.

Sofyan mencontohkan, penempatan di beberapa lokasi yang sudah ditetapkan tersebut karena wilayah-wilayah itu memiliki defisit listrik paling besar dibandingkan dengan wilayah lainnya.

"Untuk di Amurang, Sulawesi Utara (Sulut), sekarang masih kekurangan sekali. Pemadaman masih terjadi di Sulut dan sebagainya, karena itu sekarang dibangun PLTU 2x50 MW, sedang dibangun, jadinya kira-kira 2-3 tahun lagi beres, tapi hari ini  sudah pemadaman. Untuk menghindari itu, kamu sewa mesinnya saja. Karena bahan bakarnya semua pastro, kami yang bayar‎," jelas Sofyan. (Pew/Ahm)

** Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.