Sukses

Peruri Jadi Tuan Rumah High Security Printing Conference Asia

High security printing diikuti oleh 260 peserta dari 27 negara yang terdiri dari 71 perusahaan di percetakan dokumen sekuriti.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia/Perum Peruri menjadi tuan rumah pada gelaran High Security Printing (HSP) Conference Asia yang berlangsung pada 7-10 Desember 2015 di Hotel Shangri-La, Jakarta.

"Konferensi internasional ini secara rutin dilaksanakan sejak 2002. Ini merupakan konferensi kedua yang dilaksanakan di Jakarta, setelah konferensi yang sama dilaksanakan pada 2004," ujar Direktur Utama Peruri Prasetio di Hotel Sharing-La, Jakarta, Selasa (8/12/2015).

Pada tahun ini, HSP Conference Asia tersebut diikuti oleh 260 peserta dari 27 negara yang terdiri dari 71 perusahaan di bidang percetakan dokumen sekuriti dan bank sentral dari beberapa negara seperti Perancis, Inggris, Jerman, Filipina, Thailand, Uganda, China, India, Sudan, Swedia, Amerika Serikat, Malaysia, Singapura, Spanyol, Pakistan, Rusia, Swiss, Zambia, Hongkong, Austria, Australia, Belanda, Kenya, Korea Selatan, Israel, Bhutan dan Jepang.

"Kegiatan ini merupakan fokus diskusi regional sebagai sarana komunikasi dan pertukaran informasi, khususnya tentang teknologi keamanan percetakan dokumen, seperti uang kertas, pita cukai, paspor, visa, identitas pribadi, dokumen dan lisensi," kata dia.

Prasetio menjelaskan, pada kesempatan ini, pihaknya akan mempresentasikan tiga topik utama, pertama, The Study of Indonesia Banknote Series Design yang akan membahas pentingnya desain uang rupiah yang merepresentasikan keragaman budaya Indonesia sebagai bagian dari kekayaan bangsa Indonesia.

Kedua, e-Banknote A Near Future Dream yang membahas tentang pencangkokan chip pada uang kertas sebagai bagian dari antisipasi perkembangan teknologi di bidang security printing.

Ketiga, Benchmarking Banknote yang membahas tentang perkembangan, klasifikasi dan tingkat security features pada uang kertas di berbagai negara sebagai benchmark dalam menerapkan standar desain keamanan uang kertas. (Dny/Ahm)

** Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Peruri adalah BUMN yang ditugasi untuk mencetak uang rupiah (baik uang kertas maupun uang logam) bagi Republik Indonesia.

    Peruri

  • Uang kertas adalah uang yang tercetak dalam wujud kertas dengan nominal tertentu dan mendapat pengesahan bank sentral.
    Uang kertas adalah uang yang tercetak dalam wujud kertas dengan nominal tertentu dan mendapat pengesahan bank sentral.

    Uang Kertas