Sukses

Suku Bunga The Fed Naik, Pasar Keuangan Global Masuki Dunia Baru

Ekonom dan analis memprediksi bank sentral Amerika Serikat akan menaikkan suku bunga pada Desember 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Keputusan Bank Sentral Amerika Serikat atau The Federal Reserve/The Fed untuk menaikkan suku bunga, pertama kali sejak 2006, tampak sudah di depan mata.

Banyak ekonom, analis dan petinggi The Fed yang memprediksi keputusan itu diambil pada pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) pekan depan.

"Anda akan memasuki dunia (ekonomi) baru yang sama sekali berbeda saat The Fed mulai menaikkan suku bunga. Setiap pihak perlu mengendalikan perdagangan pada saat yang sama, dan akan menjadi lingkungan yang sangat berbeda bagi pasar," tutur CEO sekaligus CIO DoubleLineFunds, Jeffrey Gundlach seperti dilansir dari Business Insider, Rabu (9/12/2015).

Gundlach memperingatkan para pengelola dana investasi yang masih baru dan tak pernah mengalami siklus kenaikan suku bunga sebelumnya. Dia terus menekankan betapa berbedanya dunia keuangan saat itu.

Menurut survei yang dipelajarinya, terdapat dua pertiga dari seluruh pengelola keuangan saat ini yang belum pernah merasakan siklus tersebut. Para pengelola dana keuangan investor itu dipastikan terkejut saat The Fed memulai aksinya.

Hampir seluruh pasar keuangan di berbagai negara meyakini The Fed akan menaikkan suku bunganya pada Rabu mendatang. Sejak  Desember 2008, The Fed memang tak pernah menaikkan suku bunga dan tak pernah melakukan keputusan itu sejak Juni 2006.

Menurut data yang dihimpun Bloomberg seperti dikutip Gundlach, 80 persen pengelola keuangan yakin bulan ini akan menjadi waktu The Fed menaikkan suku bunga. Meski begitu, Gundlach yakin The Fed masih memiliki lebih banyak pertimbangan sebelum benar-benar mengambil keputusan itu. (Sis/Ahm)

** Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • The Fed adalah salah satu bank sentral di AS yang tertua dan berdiri sejak tahun 1913 melalui kongres.

    The Fed

Video Terkini