Sukses

Personal Brand Bikin Anda Lebih Sukses

Dengan personal brand, orang lain akan tahu siapa Anda dan mulai mengategorikan Anda sesuai keahlian.

Liputan6.com, Jakarta - Personal brand adalah cara supaya Anda dapat dikenal oleh orang lain. Begitu orang-orang tahu siapa Anda, mereka akan mulai mengategorikan Anda sesuai keahlian.

Hal ini seperti Anda mengingat teman-teman yang memiliki kemampuan khusus, atau dikenal jago dalam bidang tertentu seperti komputer, otomotif, musik, menggambar, olahraga, dan bisnis.

Pengategorian tersebut akan memudahkan Anda untuk menggunakan jasa mereka di lain waktu. Begitupun orang lain terhadap Anda.

Pertanyaannya adalah, bagaimana Anda menjadi lebih diakui? Bagaimana Anda membangun reputasi Anda? Berikut ini adalah 5 tips di antaranya, dilansir dari Entrepreneur, Senin (14/12/2105) :

1. Memahami diri sendiri

Bayangkan betapa sulitnya hidup berpura-pura. Anda harus bertingkah dengan cara tertentu, muncul dengan cara tertentu, dan mengatakan hal-hal tertentu, terlepas bagaimana perasaan Anda terhadap hal tersebut. Sungguh melelahkan bukan?

Citra diri Anda haruslah merupakan gambaran dari Anda yang sebenarnya. Anda tahu apa yang Anda percaya, yang Anda perjuangkan dan tentunya kelebihan dan kekurangan Anda. Jika Anda terlihat berpura- pura, bagaimana orang lain mempercayai Anda.

2. Terlibat aktif

Jika ingin lebih dikenal, Anda harus terlibat aktif di masyarakat maupun media sosial. Tentunya, ini akan mengembangkan kemampuan komunikasi Anda.

Berbicaralah sesuai topik yang anda kuasai. Tunjukkan Anda tahu apa yang  dibicarakan, dan menjawab pertanyaan dari para pendengar Anda.

Tunjukkan Anda percaya diri. Mungkin beberapa orang mengkritik atau tidak setuju dengan Anda, yang penting adalah Anda tetap terbuka dan memberikan umpan balik. Terimalah saran yang menurut Anda baik. Jika kritikan mereka benar, maka Anda dapat lebih baik di kemudian hari.

3. Menjadi pembicara

Menjadi seorang pembicara dalam sebuah seminar, atau acara diskusi di radio maupun televisi akan membangun kredibilitas Anda. Cara tersebut cukup ampuh membuat Anda terkenal, dan menunjukkan Anda tahu apa yang dibicarakan.

4. Memanfaatkan media online

Membuat sebuah laman akan memberikan Anda kontrol yang lebih besar dibandingkan media sosial. Pada sebuah laman Anda dapat lebih leluasa mengatur halaman fortofolio Anda. Selain itu, tidak ada salahnya juga Anda menampilkan konten konten baru pada situs Anda secara teratur.

Gunakan mesin pencari untuk mengetahui, bagaimana orang lain memahami Anda, dan apa yang mereka katakan tentang Anda.

5. Tetap belajar

Tidak peduli seberapa baik Anda memahami bidang yang Anda tekuni, akan lebih bijaksana jika terus belajar, mengingat hal-hal tersebut mungkin saja berubah lebih cepat daripada sebelumnya. Karena itu, Anda harus tetap terinformasi dengan perubahan terbaru, dan juga tren yang sedang berlangsung. (Ifsan L/Ahm)*

** Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini