Sukses

JK Pastikan Freeport Indonesia Tetap Dipertahankan

Wapres JK menegaskan bila suatu investasi tidak dijaga maka bagaimana dapat undang investasi lain.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memastikan kelangsungan PT Freeport Indonesia yang tetap dipertahankan pemerintah. JK menjelaskan perusahaan itu tidak akan dilepas karena investasi besar yang telah diberikan pada pemerintah Indonesia.

"Kalau undang investasi dari luar, tentu investasi yang sudah ada kita jaga kelangsungannya. Kalau suatu investasi tidak kita jaga, bagaimana bisa undang investasi lain," kata JK, di Hotel Crown, Jakarta, Rabu (9/12/2015).

JK menjelaskan, tiap kunjungan kerja ke luar negeri, perwakilan pemerintah selalu mengundang pihak lain untuk berinvestasi di Indonesia. ‎Sehingga wajar bila pemerintah tidak akan melepas investasi Freeport.

"Ya tentu kita pemerintah selalu ingin ada investasi. Presiden, menteri-menteri datang ke suatu negara undang investasi," tutur dia.

Direktur Utama PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin sebelumnya mengatakan perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia diperlukan setelah 2021 mendatang. Hal ini diperlukan untuk mencegah beragam konflik di tanah Papua yang berpotensi terjadi.

"Mungkin bisa terjadi klaim antar-suku, 'ini milik saya, ini milik saya'. Bisa terjadi potensi konflik," ujar Maroef, di Gedung DPR, Kamis 3 Desember 2015. (Silvanus A/Ahm)

 

** Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.