Sukses

Punya Harta Rp 6,9 Triliun, Miliarder Ini Meninggal di Penjara

Pria berusia 44 tahun ini diduga meninggal akibat serangan jantung.

Liputan6.com, Beijing - Xu Ming, mantan miliarder asal China yang didakwa atas kasus penyuapan dikabarkan meninggal dunia dalam penjara.

Pria berusia 44 tahun ini diduga meninggal akibat serangan jantung mendadak seperti dilansir dari laman sakshipost.com, Kamis (10/12/2015)

Sebelumnya, Xu Ming dikenal masyarakat sebagai konglomerat pemilik Shide Group, sebuah perusahaan properti besar di China, dan juga presiden dari klub sepakbola China, Dalian Shide.

Namun citranya di masyarakat berubah negatif semenjak turun menjadi politikus dan merupakan dalang di balik pemerintahan yang tidak jujur.

Xu didakwa menerima suap sebesar US$ 3,5 juta atau setara dengan Rp 43,8 miliar dari Bo Xilai. Diduga, uang yang sama juga ia pakai untuk membeli villa milik keluarganya di Prancis.

Bo kemudian dipenjara pada tahun 2013 akibat upaya gratifikasi yang dilakukannya.

Kedekatan Xu dengan keluarga Bo diduga merupakan faktor terbesar di balik kesuksesan bisnisnya. Ia mampu melakukan ekspansi usaha hingga menjadi orang terkaya ke-8 di China pada 2005. Total kekayaannya pada 2013 mencapai US$ 490 juta atau setara dengan Rp 6,9 triliun.

Semenjak mendekam dalam Bui, Xu dikabarkan akan mampu bebas pada September 2016. Namun nasib malang harus menimpanya terlebih dahulu. Ia ditemukan meninggal dunia pada Jumat lalu sebelum sempat mengungkapkan kesaksiannya di persidangan. (Vna/Ndw)

 
 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini