Sukses

Ubah Tampilan SPBU, Pertamina Rogoh Rp 150 Juta per Unit

Perubahan tampilan SPBU Pasti Prima tersebut merupakan level lanjutan dari konsep SPBU Pasti Pas.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) meluncurkan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dengan tampilan baru. Perubahan membuat BUMN energi ini harus merogoh hingga Rp 150 juta per SPBU.

Direktur Pemasaran PT Pertamina Ahmad Bambang mengungkapkan, perubahan tampilan SPBU  Pasti Prima tersebut merupakan level lanjutan dari konsep SPBU Pasti Pas, yang sebelumnya dilakukan secara fundamental, baik dari sisi kualitas, takaran, dan layanan menjadi lebih berorientasi pada kebutuhan konsumen.

"Sebagai market leader bisnis fuel retail di Indonesia, Pertamina berkomitmen tinggi untuk meningkatkan manfaat yang dirasakan stakeholder utamanya, yaitu konsumen setia Pertamina," kata dia saat meluncurkan SPBU wajah baru di SPBU Pertamina Lenteng Agung, Jakarta, Jumat (11/12/2015).

Bambang mengungkapkan, perubahan tersebut berupa peningkatan layanan‎ dan penampilan, seperti pengecatan, pembersihan dan penataan jalur tanki.

Pada tahap pertama, tampilan baru dilakukan pada tujuh SPBU Pasti Prima, meliputi enam SPBU COCO Lenteng Agung, MT Haryono, Kuningan, Bumi Serpong Damai, Abdul Muis, Fatmawati dan satu SPBU DODO di Hang Lekir. Pada tahun depan ditargetkan 500‎ SPBU akan mengalami perubahan tampilan.


Bersamaan dengan itu, Pertamina menyepakati kerjasama dengan MAP Group untuk pengembangan restoran dan layanan cepat saji di SPBU. MAP Group adalah perusahan retail yang memiliki lebih dari 100 merk ternama dari pakaian, alat-alat olahraga sampai makanan, beberapa diantaranya adalah merkternama seperti Starbucks, Burger King,dan Domino Pizza.

Pertamina juga menggandeng Es Teler 77 sebagai salah satu mitra bisnis non fuel retail di SPBU Prima Lenteng Agung.

Es Teler 77 mengembangkan konsep Pulstop 77 yang menyajikan konsep desain retro-automotive unik yang sesuai dengan karakter konsumen SPBU, nyaman untuk seluruh pelanggan serta dilengkapi fasilitas ramah lingkungan.

Anak perusahaan Pertamina, PT Pertamina Retail yang mengoperasikan 374 Bright Store, hari ini juga menyepakati kerjasama dengan 2 BUMN, lain yaitu Bulog dan Pos Indonesia. Bright Store,yang kebanyakan berlokasi di SPBU Pertamina akan mulai menyediakan produk Bulog serta jasa pengiriman Pos Indonesia.

“SPBU Pasti Prima memiliki wajah yang lebih fresh dan dengan logo baru yang mengkomunikasikan layanan SPBU yang lebih premium melebihi Pasti Pas dengan tetap mempertahankan prinsip-prinsip fundamental, yaitu jaminan dalam hal pelayanan, kualitas, dan kuantitas,” pungkasnya.(Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • SPBU adalah singkatan dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

    SPBU

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina