Sukses

Menunggu Keputusan The Fed, Harga Emas Stabil 16 Desember 2015

Sepanjang tahun ini, harga emas telah jatuh lebih dari 10 persen.

Liputan6.com, New York - Harga emas tak banyak bergerak pada perdagangan Selasa (Rabu pagi waktu Jakarta) setelah pada perdagangan sehari sebelumnya sempat terpeleset satu persen. Pelaku pasar lebih memilih menunggu hasil keputusan dari Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau The Federal Reserve (The Fed).

Mengutip Reuters, Rabu (16/12/2015), harga emas di pasar spot hanya turun 0,1 persen dan menetap di US$ 1.061,25 per ounce. Sedangkan untuk harga emas di pasar berjangka AS untuk pengiriman Februari turun 0,2 persen dan menetap di US$ 1.061,60 per ounce.


Sepanjang tahun ini, harga emas telah jatuh lebih dari 10 persen. Sentimen yang menekan harga emas adalah rencana kenaikan suku bunga The Fed. Kenaikan suku bunga The Fed mendorong penguatan nilai tukar dolar AS dan penguatan dolar AS ini menjadi penekan harga emas. Memang, wancana kenaikan suku bunga The Fed sudah ada sejak akhir tahun lalu.

"Sebagian besar investor menahan napas menunggu hasil keputusan Bank Sentral AS," jelas analis senior divisi Wealth Management di U.S. Bank, Seattle, AS, Rob Haworth.

Para pejabat di Bank Sentral AS sedang mengadakan rapat Federal Open Market Committee (FOMC) dalam dua hari ini. rencananya, Gubernur The Fed Janet Yellen akan mengumumkan hasil rapat tersebut pada 16 Desember pukul 2 siang waktu setempat.

Meskipun hasil rapat belum di umumkan, namun dari jauh-jauh hari sebelumnya beberapa pejabat The Fed sudah memberikan sinyal bahwa kemungkinan besar kenaikan suku bunga akan dilakukan di akhir tahun ini.

"Data-data yang ada telah mengarah bahwa The Fed akan menaikkan suku bunga di tahun ini. Pertanyaannya, apa yang akan dilakukan setelahnya," tambah Haworth.

Tak hanya emas yang tertekan, harga perak pun mencapai level terendah sejak Agustus 2009. Rencana kenaikan suku bunga bank sentral AS mempengaruhi gerak seluruh harga logam mulia. Kepala Riset ActivTrades Carlo Alberto de Casa, memperkirakan, harga emas akan bergerak di kisaran US$ 1.000-US$ 1.100 pada 2016. (Gdn/Nrm)



**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.