Sukses

Antam Dapat Pinjaman US$ 100 Juta dari Maybank Indonesia

Perluasan pabrik di Pomala bertujuan untuk meningkatkan kapasitas produksi feronikel.

Liputan6.com, Jakarta - PT Aneka Tambang Tbk (Antam) mendapat fasilitas pembiayaan investasi syariah sebesar US$100 juta dari PT Bank Maybank Indonesia Tbk‎. Dana tersebut akan digunakan oleh perseroan untuk perluasan pabrik Feronikel Pomala (P3FP) Sulawesi Tenggara dan belanja modal.

Direktur Utama Antam, Tedy Badrujaman mengatakan, ‎perluasan pabrik di Pomala bertujuan untuk meningkatkan kapasitas produksi feronikel dari 18 ribu-20 ribu ton nikel dalam feronikel (TNi) menjadi 27 ribu-30 ribu TNi.

"Selain itu, P3FP juga bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pabrik feronikel Pomala termasuk pembangunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) batubara berkekuatan 2x30MW," kata Tedy, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Jumat (18/12/2015).

Menurutnya, fasilitas pembiayaan Maybank Indonesia berdasarkan skema syariah musyarakah ini berjangka waktu sampai 10 tahun dengan pembayaran bagi hasil setiap tiga bulan berdasarkan rasio bagi hasil yang telah disepakati.


“Perolehan fasilitas pembiayaan dari Maybank Indonesia dengan term yang sangat baik dan didasarkan pada prinsip syariah menunjukkan bahwa posisi Antam masih tetap solid di mata industri perbankan. Melalui fasilitas pembiayaan Syariah ini juga berarti ANTAM memiliki tambahan sumber pendanaan di luar jenis pinjaman yang sudah ada saat ini," papar Tedy.

Presiden Direktur Maybank Indonesia, Taswin Zakarian menambahkan, dengan perolehan pendanaan dari Maybank Indonesia, maka seluruh pendanaan yang dibutuhkan untuk P3FP telah tercukupi. Sampai dengan akhir November 2015, EPC progress P3FP sudah mencapai 98,36 persen.

“Kemitraan strategis dengan Antam selaras dengan strategi Maybank Indonesia untuk mendukung BUMN strategis dan top tier client di Indonesia. Lebih lanjut, penyediaan fasilitas pembiayaan berdasarkan Syariah ini juga sejalan dengan strategi Sharia First, yang memberikan pilihan fasilitas Syariah kepada mitra nasabah dalam mendukung ekspansi bisnis, khususnya kepada ANTAM, sebagai salah satu BUMN terkemuka yang bergerak di bidang pertambangan,” ungkap Taswin.

Kemitraan strategis antara Maybank Indonesia dan ANTAM dalam bentuk fasilitas pembiayaan investasi Syariah merefleksikan kepercayaan industri perbankan terhadap ANTAM di tengah volatilitas harga komoditas. Perolehan pembiayaan tersebut juga menunjukkandukungan positif dari perbankan kepada ANTAM di tengah kondisi industri pertambangan yang tengah menghadapi berbagai tantangan.

“Keseluruhan dukungan yang kami berikan pada akhirnya selaras dengan misi Maybank Indonesia dan Grup Maybank, humanising financial services, khususnya untuk berada di tengah masyarakat, dengan memberikan layanan dan solusi terbaik kepada mitra bisnis kami,” pungkasnya. (Pew/Gdn)


**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini