Sukses

Produksi Pertamina EP Asset 3 Jatibarang Naik Pesat

Jatibarang field memiliki inovasi dengan program intervention di beberapa sumur X-ray.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki akhir tahun 2015, PT Pertamina EP melalui Asset 3 Jatibarang Field, mencatatkan produksi positif. Hingga 17 Desember 2015, produksi dari lapangan tersebut mencapai 7.979 Bopd. Prestasi yang di hasil Jatibarang field tidak terlepas dari kontribusi lapangan offshore X-ray, serta stuktur randengan.

Lapangan X-ray ini terdiri dari tiga remote platform yaitu, X-Alpha, X-Bravo, X-Delta, dengan jumlah keseluruhan 34 sumur di X-ray. Dari total 34 sumur di Jatibarang field, ada 20 sumur minyak aktif yang beroperasi dengan Electric Submersible Pump (ESP). Lalu, terdapat 2 sumur gas non asso dengan natural flow.

"Kami memiliki 34 sumur di Jatibarang field ini, 20 sumur minyak aktif yang beroperasi pakai ESP dan dua sumus gas non asso pakai natural flow,"ucap Manajer Pertamina EP Asset 3 Jatibarang Field, Ceppy Agung Kurniawan di Cirebon, Sabtu, (20/12/2015).

Selanjutnya Ceppy mengatakan bahwa, X-ray yang dipakai sudah memiliki umur 40 tahun. Namun kualitas dari produksi minyak dan gas tidak menurun, melalui inovasi yang dilakukan pencapaian produksi X-Ray di tahun 2015 mampu mencapai 2.112 Bopd.

"Mesin X-ray kami ini sudah tua, sekitar 40 tahun. Tapi kualitasnya masih bagus, kalau di lihat sampai tanggal 17 desember kemarin. Mampu memproduksi 2.112 bopd,"tambahnya.

Selain itu, Jatibarang field memiliki inovasi dengan program intervention di beberapa sumur X-ray. Program ini menjadi kunci performa produksi minyak dan gas yang terus meningkat. Adapun sumur-sumur, yang berhasil dengan well intervention ialah XA-7 sebesar 274 bopd, XA-1 mencapai 276 bopd dan XD-5 sebesar 150 bopd.

"Kami di Jatibarang field memiliki program inovasi, yang menjadi kunci produksi minyak dan gas terus meningkat. Sumur-sumur yang berhasil menjadi well intervention seperti XA-7 menghasilkan 274bopd, XA-1 mencapai 276 bopd dan XD-5 mencapai 150 bopd. Semoga tahun depan kita akan memproduksi lebih banyak lagi,"tutupnya. (Apr/Gdn)


**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini