Sukses

Perlu Terobosan untuk Maksimalkan Penerimaan Pajak

Integrasi NPWP dengan Nomor Induk Penduduk juga diusulkan untuk genjot penerimaan pajak.

Liputan6.com, Jakarta - Target penerimaan pajak sekitar Rp 1.360 triliun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016 dinilai masih terlalu tinggi lantaran ekonomi Indonesia masih berada di fase pemulihan.

Pengamat pajak Yustinus Prastowo mengakui berapa sebaiknya jumlah revisi target penerimaan pajak dilakukan setelah melihat kondisi 2015 dan kuartal I 2016. Jangka waktu itu mencerminkan kondisi ekonomi.

Ia menilai, selama ini langkah memaksimalkan penerimaan pajak masih fokus dengan cara tradisional. Yustinus menuturkan, ada sejumlah cara yang dinilai dapat dilakukan untuk menggenjot penerimaan pajak. Salah satunya memperluas akses penerimaan pajak agar dapat memaksimalkan penerimaan pajak.

Selain itu, Direktorat Jenderal Pajak perlu menambah petugas pajak untuk mendukung besarnya potensi penerimaan pajak. Yustinus juga menyarankan ada integrasi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dengan Nomor Induk Penduduk (NIP).

"Identitas menyatu ini maka mudah untuk pengawasan sehingga dapat dukung penerimaan pajak," ujar Yustinus saat dihubungi Liputan6.com seperti ditulis Minggu (20/12/2015).

Masyarakat juga perlu digenjot untuk memiliki kesadaran membayar pajak. Yustinus menuturkan, Ditjen pajak perlu untuk mendorong gerakan sadar pajak dengan menekankan aspek gotong royong. "Misalkan ada potensi 1 juta wajib pajak baru, dari wajib pajak baru itu dapat mendorong penerimaan pajak besar dengan menekankan konsep gotong royong," ujar dia.

Yustinus juga menekankan agar Ditjen Pajak juga menggenjot penerimaan pajak dari sektor-sektor yang punya potensi besar seperti sektor informal dan keuangan.

"Sektor informasi itu sebenarnya punya potensi besar untuk dorong penerimaan pajak. Perlu kerja sama dari Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Pemerintah Daerah dan Kementerian Koperasi dan Perindustrian," kata dia. (Ahm/Igw)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

Bagi Anda yang Ingin Lapor SPT Pajak Lewat E-Filling, Simak Video Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.