Sukses

7 Rahasia Hemat Ala Warren Buffet

Jika ditanya soal menabung, tidak banyak orang yang memikirkannya. Menyimpan uang atau berhemat jarang menjadi keinginan utama masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar orang memiliki keinginan yang kuat untuk menjadi kaya atau mampu memiliki kebebasan finansial sehingga bisa membeli atau membayar apa pun yang mereka inginkan. Namun jika ditanya soal menabung, tidak banyak orang yang memikirkannya. Menyimpan uang atau berhemat jarang menjadi keinginan utama masyarakat.

Tapi miliarder Warren Buffett sangat percaya berhemat justru dapat memberikan Anda keuntungan yang besar. Berikut 7 tips berhemat dari Warren Buffett, seperti dikutip dari TalkMarkets, Rabu (23/12/2015):

1. Hati-hati dengan investasi Anda

Buffett mengatakan bahwa aturan pertama investasi adalah agar tidak kehilangan uang. Miliarder ini telah menempatkan aturan untuk melakukan investasi pada posisi pertama, dan aturan kedua adalah tidak melupakan aturan nomor satu.

Dia menyarankan, jangan berutang kecuali jika Anda benar-benar yakin bahwa Anda mendapat keuntungan di kemudian hari.

2. Lakukan apa yang Anda cintai

Tips lain dari Buffett adalah lakukan sesuatu yang Anda cintai, sehingga dapat menemukan kepuasan dari pekerjaan.

Jika tidak mudah keluar dari pekerjaan Anda saat ini, mengapa tidak melakukan hobi/sesuatu yang disukai? Mungkin bisa menghasilkan sedikit uang dari hobi itu?. Mengejar gairah Anda dapat memberikan sesuatu yang lebih berharga daripada uang.

3. Jangan bergantung pada satu sumber penghasilan

Mulai mencari sumber penghasilan lain, dengan mendapatkan pekerjaan sampingan di akhir pekan atau dengan membuat investasi cerdas yang dapat menghasilkan keuntungan yang baik.

Buffet selalu berbicara tentang bagaimana dia melakukan diversifikasi portofolio investasi demi meningkatkan peluangnya untuk menang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya?

4. Jangan buang waktu

Bagi pendiri dan CEO Berkshire Hathaway ini, waktu berharga seperti uang. Ketika melakukan negosiasi bisnis, Buffett menyarankan meneliti dan membuat keputusan segera mungkin.

Dia menyarankan, tidak perlu melakukan pembicaraan yang tak berguna. Jika Anda membuat tawaran bisnis akan lebih mudah berbicara langsung mengenai harga.

Buffet mengatakan, dia tidak akan berbicara dengan siapa pun kecuali mereka memberinya harga. Dia juga membuat keputusan yang tepat di tempat.

5. Batasi jumlah pinjaman

Buffett dikenal dengan tipsnya dalam menggunakan kartu kredit. Dia menyarankan semua orang untuk meminjam uang sebesar nilai yang bisa mereka membayar, dan tidak menghindar dari negosiasi dengan lembaga kartu kredit.

Bekerjalah untuk membayar utang Anda, kemudian lanjutkan dengan menyimpan uang untuk investasi.

6. Tunggu diskon

Jangan pernah membayar untuk barang dengan harga eceran aslinya ketika Anda bisa mendapatkannya dengan harga diskon. Buffett selalu menunggu potongan harga (diskon) sebelum dia membeli sebuah perusahaan. Anda juga tidak perlu berpikir dua kali ketika menggunakan voucher diskon dan kupon untuk membeli produk atau jasa.

7. Investasi diri

Buffett menyoroti pentingnya investasi dalam diri seseorang. Meningkatkan bakat dan keterampilan membuat Anda lebih berharga dan menempatkan dalam posisi yang lebih baik untuk mendapatkan nilai tambah. (vna/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.