Sukses

Tips Belanja Kado Natal Tanpa Kuras Kantong

Ingin beli kado Natal tanpa membuat kantong jebol? Simak tips berikut:

Liputan6.com, Jakarta - Natal tidak akan semarak tanpa acara berbagi atau saling bertukar kado. Namun, jangan karena ritual satu ini Anda harus bangkrut di awal tahun nanti.

Karena itu, penghematan wajib dilakukan. Jangan takut Natal Anda kurang semarak lantaran berhemat. Ada banyak cara yang dapat Anda gunakan agar belanja kado Natal berkurang tanpa melewatkan ritual berbagi kado.

Masih bingung? Baca tips membeli kado Natal tanpa membuat kantong jebol, seperti dikutip dari laman CekAja.com, Selasa (22/12/2015):

1. Buat Daftar Penerima Kado

Sebelum mulai berburu kado Natal, sebaiknya Anda mulai dengan membuat daftar penerima kado tahun ini. Lihat lagi siapa saja dalam daftar listmu yang sesungguhnya paling layak menerima kado Natal.

Coret yang tidak perlu seperti teman yang sudah pindah rumah dan pilih hanya mereka yang benar-benar dekat. Dengan daftar ini, Anda pun dapat menentukan jenis bingkisan yang cocok.

2. Buat Kado Natalmu Sendiri

Jika anggaran yang ada terbatas sementara daftar penerima hadiah cukup banyak, ada baiknya Anda mencoba membuat sendiri kado Natalmu. Anda bisa memberikan makanan atau kerajinan tangan. Tanpa memerlukan bahan yang mahal, di Youtube terdapat banyak tutorial membuat kerajinan tangan yang bisa Anda pelajari.

3. Daur Ulang Hadiah Tahun Lalu

Coba cek lagi isi lemarimu. Siapa tahu masih ada barang-barang layak kado yang bisa Anda berikan untuk teman atau orang terkasih. Tapi, pastikan barang tersebut tidak Anda butuhkan atau bukan pemberian orang penting.

4. Gunakan Kartu Kredit

Biasanya, menjelang Natal banyak penerbit kartu kredit mengeluarkan promo mulai dari diskon hingga cashback. Cari tahu juga promo dan merchant mana saja yang bekerja sama dengan kartu kredit Anda. Dengan diskon kartu kredit, Anda bisa menekan pengeluaran cukup banyak.

5. Belanja Online

Untuk menghemat ongkos, ada baiknya mencari kado natal di situs belanja online. Jika Anda gigih, mungkin saja ada barang-barang menarik dengan harga murah bisa Anda beli.

6. Jangan Hanya Kunjungi Satu Toko

Agar penghematan bisa maksimal, cari toko dengan harga jual paling murah. Luangkan waktu khusus untuk membandingkan harga di sedikitnya tiga toko berbeda. (Ahm/Igw)

 

 

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini