Sukses

Jadi TKI Semakin Gampang dengan Aplikasi Online

Pemerintah akan meluncurkan aplikasi Go TKI pada pertengahan Januari 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan bakal merilis aplikasi online penyedia lapangan kerja untuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang ingin bekerja di luar negeri. Layanan ini bernama Go TKI yang bisa diunduh melalui Google Play.

Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Tenaga Kerja, Hery Sudarmanto mengatakan dengan aplikasi tersebut calon tenaga kerja bisa mengakses langsung informasi terkait pekerjaan di luar negeri.

"Saya bikin Go TKI. TKI ini ke depan saya berpikir bisa upload masing-masing ini. Saya akan launching. Bahwa profil negara kelihatan, profil dari perusahaan kelihatan, profil kebutuhan kelihatan," kata dia di Jakarta, Rabu (23/12/2015).

Layanan tersebut,  Hery menuturkan terintegrasi dengan lembaga-lembaga terkait seperti Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI), dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI).

Dengan aplikasi tersebut calon TKI bisa mengakses sendiri lapangan pekerjaan. Harapannya, TKI terhindar dari perbuatan merugikan terkait praktik percaloan. Sebut saja, dari pembebanan administrasi yang besar sampai pemangkasan gaji. "Tujuannya cuma satu yaitu menghilangkan calo," tegas dia.

Dia mengatakan, aplikasi Go TKI akan dirilis pada pertengahan Januari 2016."Ini mau saya launching, saya bikin online sistem, TKI  bukan lagi sebagai objek tapi sebagai subjek," tandas dia. (Amd/Ahm)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini