Sukses

Hindari 5 Hal Ini Agar Tak Bokek di Akhir Tahun

Terkadang uang terpakai habis untuk membeli barang yang tidak diperlukan dan membuat Anda menyesal pada akhirnya.

Liputan6.com, Jakarta - Mengatur keuangan keluarga memang bukan tugas yang mudah. Apalagi jika Anda yang memiliki anak di tengah-tengah keluarga.

Terkadang uang terpakai habis untuk membeli barang yang sebenarnya tidak diperlukan dan pada akhirnya Anda menyesalinya karena bisa digunakan untuk kebutuhan penting lainnya.

Dilansir dari Female First, Minggu (27/12/2015) ada beberapa rasa penyesalan pasangan dalam mengatur keuangan khususnya pada akhir tahun, berdasarkan Standard Life.

1. Tidak menyisihkan uang yang cukup

Anda mungkin menyisihkan uang bulanan ke tabungan keluarga. Namun, saat memerlukan uang di akhir tahun tabungan Anda tidak cukup.

Apalagi Anda ingin menggunakan uang tersebut untuk liburan keluarga atau mengadakan acara besar. Anda harus memotong anggaran Anda untuk membeli barang yang tidak terlalu perlu dan meyisihkan lebih dari uang bulanan.

2. Tidak menabung sama sekali

Kesalahan terbesar yang Anda lakukan dalam mengatur keuangan keluarga adalah tidak menyisihkan uang ke tabungan.

Hal ini dapat berakibat fatal, jika ada anggota keluarga yang sakit dan memerlukan biaya besar Anda tak mungkin mengandalkan gaji atau jika Anda tiba-tiba keluard ari pekerjaan.

Sementara waktu Anda bisa menggunakan uang tabungan itu untuk hidup. Namun baiknya uang tabungan keluarga digunakan untuk biaya pendidikan anak dan tabungan kesehatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

pengeluaran bulanan

3. Tidak memiliki anggaran untuk pengeluaran bulanan

Anda tentu tidak menginginkan tagihan melonjak tinggi atau uang habis di pertengahan bulan. Anda bisa menghindari hal tersebut dengan membuat daftar anggaran bulanan keluarga Anda.

Seperti membuat daftar bayaran bulanan wajib seperti listrik, cicilan rumah, transportasi, makan, dan lain-lain. Jika Anda tidak memiliki anggaran atau daftar pengeluaran bulanan, Anda akan sembarangan dalam menggunakan uang.

Daftar anggaran dapat menjadi acuan pengeluaran bulanan Anda, sehingga uang tidak terbuang percuma atau bisa Anda tabung.

4. Menghabiskan banyak uang untuk liburan akhir tahun

Merayakan Natal dan Tahun Baru, tidak ada salahnya jika ingin berlibur dengan menginap di luar kota atau hanya pergi keluar untuk makan. Namun Anda jangan menghabiskan banyak uang, ingat Januari tahun depan masih menunggu Anda.

Di bulan itu Anda harus membayar kewajiban bulanan lainnya. Gunakan uang untuk liburan secukupnya, jika Anda merayakan liburan dengan menginap, Anda bisa membuat makanan sendiri daripada membeli. Hal tersebut dapat memotong anggaran liburan Anda.

5. Tidak membayar tagihan wajib bulanan

Anda dan pasangan tentu memiliki pengeluaran wajib bulanan seperti listrik atau cicilan rumah. Jangan coba-coba melewatkan tagihan wajib seperti ini, tagihan bisa membengkak justru Anda tidak akan bisa membayarnya bulan depan, kecuali jika Anda memiliki uang lebih tidak terduga. (Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini