Sukses

IHSG Bakal Lanjutkan Penguatan di Awal Pekan

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan bergerak di kisaran 4.498-4.555 pada awal pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi menguat pada perdagangan saham di awal pekan ini. Penguatan IHSG dinilai akan ditopang dari aksi window dressing atau menyusun kembali portofolio saham oleh manajer investasi menjelang akhir tahun 2015.

Analis PT Investa Saran Mandiri, Hans Kwee menuturkan IHSG akan konsolidasi dengan kecenderungan menguat. IHSG akan mencoba level resistance 4.525-4.555 dan support 4.498-4.451. "Penguatan IHSG lebih kepada aksi window dressing," ujar Hans saat dihubungi Liputan6.com, seperti ditulis Senin (28/12/2015).

Ia menuturkan, sentimen turunnya harga bahan bakar minyak (BBM) yang mulai berlaku 5 Januari 2016 juga tidak akan terlalu mempengaruhi pergerakan IHSG. Hal itu lantaran penurunan harga BBM tidak terlalu besar. Namun ada sejumlah emiten yang diuntungkan dari penurunan harga BBM seperti emiten bergerak di logistik dan transportasi.

Hal senada dikatakan analis PT Asjaya Indosurya Securities, William Suryawijaya. Ia menuturkan, IHSG berpeluang menguat pada perdagangan saham awal pekan ini. IHSG akan bergerak di kisaran 4.482-4.560.

"Pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) masih akan menjadi salah satu sentimen positif yang mempengaruhi pola pergerakan IHSG. Hari ini IHSG berpotensi menguat," kata William.

Untuk rekomendasi saham, William memilih sejumlah saham yang dapat diperhatikan pelaku pasar. Saham-saham itu antara lain saham PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS), dan PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI).

Sementara Hans memilih saham PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), TLKM, PT Astra International Tbk (ASII), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), dan PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR).

Pada penutupan perdagangan saham Rabu 23 Desember 2015, IHSG naik tipis 5,08 poin atau 0,11 persen ke level 4.522,65. Indeks saham LQ45 melemah 0,13 persen ke level 778,10. (Ahm/Igw)*

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini