Sukses

Bursa Saham Asia Merosot Dipicu Harga Minyak

Indeks saham acuan MSCI Asia Pacific melemah 0,2 persen seiring harga minyak tertekan.

Liputan6.com, Tokyo - Bursa saham Asia cenderung tertekan pada perdagangan saham Selasa pekan ini dipicu bursa saham Jepang dan Korea Selatan. Pelemahan bursa saham Asia ini didorong harga minyak dunia kembali melemah dan investor kurang bergairah.

Indeks saham MSCI Asia Pacific melemah 0,2 persen pada pukul 09.21 waktu Tokyo. Indeks saham Jepang Topix tergelincir 0,5 persen dan indeks saham Korea Selatan Kospi susut 0,4 persen.

Akan tetapi, indeks saham Australia/ASX 200 naik 0,5 persen. Indeks saham Selandia Baru menguat 0,5 persen.

Pelemahan bursa saham Asia ini dipicu oleh sektor saham komoditas tertekan seiring harga minyak kembali jatuh. Saham BHP Billiton Ltd dan Rio Tinto Ltd susut di bursa saham Australia. Harga minyak pada perdagangan Selasa pekan ini juga kembali melemah 0,2 persen setelah susut 3 persen di awal pekan ini.

"Sektor komoditas tertekan akan terus berlanjut, dan mempengaruhi pasar. Akan tetapi pelemahan harga minyak menjadi perhatian di regional dan menjadi sentimen negatif yang membebani pasar. Pergerakan bursa saham China juga akan berlanjut dan berdampak ke pasar," ujar Toshihiko Matsuno, Direktur SMBC Friend Securities Co, seperti dikutip dari laman Bloomberg, Selasa (29/12/2015).

Di pasar uang, dolar Amerika Serikat (AS) cenderung turun tipis 0,1 persen menjadi 120,33 terhadap yen. Dolar AS melemah ini didorong aksi ambil untung setelah bank sentral AS menaikkan suku bunga untuk pertama kali dalam hampir satu dekade.

Pasar keuangan akan menunggu kapan bank sentral AS menaikkan suku bunga untuk kedua kalinya. Sementara itu, euro naik 0,1 persen menjadi US$ 1,0977. (Ahm/Igw)*

 

** Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini