Sukses

James Moffet Mundur dari Pimpinan Freeport McMoran

Jim selanjutnya akan menjadi konsultan di perusahaan tersebut

Liputan6.com, Jakarta - Pimpinan Freeport Mcmoran Inc yang juga Co Founder dari perusahaan tambang tersebut, James Moffet mengundurkan diri dari jabatannya. Jim panggilan James Moffet, selanjutnya akan menjadi konsultan di perusahaan tersebut.

Dia tercatat mempunyai peran penting dalam pengembangan tambang emas dan tembaga Grasberg di Papua, Indonesi dan merupakan salah satu cadangan emas terbesar di dunia.

"Setelah pertimbangan cermat, dewan menyimpulkan bahwa perubahan dalam posisi ketua akan berada dalam kepentingan terbaik dari perusahaan dan pemegang sahamnya," kata juru bicara perusahaan dalam sebuah email yang dilansir dari Reuters, Selasa (29/12/2015).

"Moffett dan dewan saling sepakat bahwa ia akan mengundurkan diri."

Salah satu pemegang saham terbesar di Freeport, Carl Icahn, yang dimiliki 8,8 persen dari Freeport pada 22 September, telah mengkritisi pengeluaran perusahaan, struktur modal dan kompensasi eksekutif pada saat harga komoditas lemah.

Icahn dan Freeport mencapai kesepakatan pada bulan Oktober, menempatkan "pembatasan" pada aktivis investor mencari penghapusan dari setiap anggota dewan.

Perusahaan mengatakan akan mengurangi jumlah direksi menjadi sembilan dari 16, dan memisahkan bisnis minyak dan gas dari operasi penambangan.

Moffett, yang telah menjadi Bos Freeport dan perusahaan pendahulunya sejak tahun 1984, mendirikan McMoRan Minyak & Gas Co pada tahun 1969 dan memimpin merger dengan Freeport Minerals Co pada tahun 1981.(Zul/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.