Sukses


Begini Trik Mendekor Ruang Makan Agar Diet Lebih Optimal

Program diet Anda tak pernah berhasil? Mungkin ada yang kurang dengan dekorasi di ruang makan Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Cara makan yang baik dan benar biasanya melibatkan beberapa tahapan, seperti membaca label nutrisi serta menghitung kalori yang dihasilkan. Tetapi, bukankah makan sehat bisa didapat dengan langkah yang lebih mudah?

Dikutip dari laman Rumah.com, Minggu (3/1/2016) sebuah penelitian terbaru dari Cornell University Food and Brand Lab dalam Journal of the Association of Consumer Research mengungkapkan, ada trik sederhana yang bisa Anda terapkan untuk mendukung diet. Misalnya, penempatan kaca di beberapa sudut ruang makan.

Para peneliti menemukan memakan sepotong besar kue lezat dan mengunyahnya sambil bercermin, akan membuat Anda punya pemikiran berbeda tentang mengonsumsi ekstra kalori.

Bahkan, kehadiran cermin juga dapat mengurangi bayangan kelezatan yang muncul dari makanan tidak sehat, sehingga mampu membuat Anda untuk berhenti memakannya.

Berdasarkan studi

Dalam studi yang dilakukan, peneliti mengambil sampel dari para mahasiswa di universitas tersebut. Lalu, mereka diberi sebuah pilihan untuk memakan kue atau salad di dalam sebuah ruangan yang dilengkapi cermin, dan tak ada cermin satupun.

Ketika beberapa mahasiswa memanjakan lidahnya dengan makanan manis di ruangan bercermin, mereka menilai kue tersebut punya cita rasa yang enak dan lembut.

Namun hal berbeda ditemukan pada ruangan yang dilengkapi cermin. Mahasiswa merasa kue yang diberi peneliti tidak terasa enak di lidah. Sementara rasa salad buah di kedua tempat berbeda tetap memiliki rasa yang sama. Jadi, apa masalahnya?

Jawabannya adalah, melihat diri Anda memakan sesuatu yang tidak sehat rupanya dapat memicu tingkat kesadaran otak untuk memilih makanan yang lebih baik.

"Penelitian ini dapat memberitahu semua orang untuk menyadari penampilan fisik mereka. Tak hanya itu, nantinya mereka juga mampu melihat diri sendiri secara objektif, sama seperti saat mereka menilai orang lain," ungkap Ata Jami, pimpinan peneliti dari penelitian ini.

Jadi, agar nafsu makan Anda terkontrol dengan baik dan agar program diet bisa berjalan secara mulus, mungkin ada baiknya Anda menempatkan satu atau dua cermin di ruang makan dan dapur. Selamat mencoba! (Fathia A/Ahm)

Foto: Pixabay

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini