Sukses


Rekomendasi Apartemen Ramah Lingkungan di Jakarta

Gaya hidup hijau telah menjadi gaya hidup kaum urban, tak heran banyak pengembang yang mengadopsi ke hunian vertikal

Liputan6.com, Jakarta - Gaya hidup ramah lingkungan kini tengah menjadi tren yang diadaptasi kaum urban. Meski tinggal di perkotaan, mereka tetap ingin menerapkan konsep eco friendly dalam kehidupan sehari hari. Terlebih bagi yang bertempat tinggal di apartemen, tak sedikit yang memperhitungkan “seberapa hijau” bangunan vertikal mereka.

Ya, bangunan hijau memang tengah marak diadaptasi oleh beberapa apartemen yang ada di sekitar Jakarta. Selain itu, harga yang mereka tawarkan juga masih relatif terjangkau sehingga bisa dilego oleh kalangan menengah. Penasaran? Berikut ini beberapa apartemen hijau yang bisa Anda miliki dengan harga terjangkau, dirangkai oleh Rumah.com seperti ditulis Sabtu (2/1/2016)

1. Apartemen Pejaten Park Residence

Pejaten Park Residence merupakan hunian terpadu yang dikembangkan di atas lahan seluas 7.400 meter persegi dan terdiri dari 2 tower, masing-masing berkapasitas 253 dan 176 unit. Apartemen dengan ketinggian 21 lantai ini mengusung konsep hijau yang diimplementasikan dengan menyediakan ruang terbuka hijau hingga 40 persen dari luas total area.

Yang unik setiap unit di apartemen ini memiliki ‘tirai’ luar yang bisa yang membuat tampilan fasad  atau bagian depan dan muka gedung terlihat ‘berubah-ubah’. Di siang hari fasad ini dapat difungsikan untuk menahan panas matahari sehingga dapat mengurangi pemakaian pendingin ruangan. Dengan demikian, para pemiliknya dapat mengatur sirkulasi cahaya dan udara yang akan masuk ke dalam ruangan.

2. Apartemen Green Pramuka City

Seiring dengan pembangunan yang pesat, sejumlah titik di area Cempaka Putih ada yang difungsikan kembali menjadi ruang terbuka hijau (RTH). Begitu pula yang terlihat di proyek apartemen Green Pramuka City. Apartemen ini dibangun di atas lahan seluas 12,9 hektar, dengan mengalokasikan 80 persen dari total area untuk dikembangkan menjadi area hijau.

Difungsikan sebagai taman tematik dan fasilitas umum, Anda akan merasakan suasana teduh dan asri di kawasan ini. Desain hijau ramah lingkungan yang dimilikinya juga membuat The Green Pramuka City mendapatkan penghargaan dari Dinas Tata Ruang Propinsi DKI Jakarta sebagai hunian yang nyaman dengan konsep terpadu dan terbaik.

 

3. Apartemen CitraLake Suite

Proyek garapan CitraGroup ini dikembangkan di kawasan Citra Garden, Cengkareng, Jakarta Barat. Apartemen empat menara dengan total 506 unit ini dirancang lebih hemat energi, hemat pemakaian air, dan menggunakan bahan bangunan ramah lingkungan. Untuk menghemat energi dibuat bukaan jendela dengan rasio yang dihitung berdasar luasan dinding.

Penggunaan cat penolak panas, kanopi di setiap jendela (external shading), insulasi di bawah dak, kaca ramah lingkungan, dan ventilasi natural juga diaplikasikan di apartemen setinggi 10 lantai itu.

 

4. Apartemen TreePark

Dengan mengusung tagline “Green Serenity in a Cosmopolitan Way”, pengembang berusaha memadukan gaya hidup modern dan lingkungan hijau di dalam Apartemen TreePark.

Komitmen ini dibuktikan dengan penyediaan ruang terbuka hijau sebesar 60 persen berbentuk Olea Garden. Selain berfungsi sebagai paru-paru kota, taman dan pepohonan ini juga di lengkapi oleh fasilitas olahraga, komersial dan lifestyle. (Isnaini K/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.