Sukses

Libur Panjang, Tingkat Hunian Hotel di Anyer Capai 80%

Jumlah kamar hotel di sepanjang Anyer hingga Cinangka mencapai 2.000 kamar.

Liputan6.com, Banten - Keamanan yang terjaga selama libur Natal dan Tahun Baru 2016 menjadi faktor penting meningkatnya tingkat hunian (okupansi) hotel di wilayah Anyer, Banten. Pengelola hotel meminta kepada pemerintah agar melakukan pembinaan sehingga bisa meningkatkan daya saing.

"Hotel di sepanjang Anyer sampai Cinangka itu ada 2.000 kamar. Hunian hotel di Anyer di libur kali ini rata-rata mencapai 80 persen," kata Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Serang, Norman Farr, saat ditemui di kawasan Anyer, Minggu (3/1/2016).

Norman bercerita, saat libur tahun baru 2015 kemarin, wisatawan yang melalui jalur Kota Cilegon dengan tujuan Anyer, harus menempuh perjalanan hingga delapan jam. Namun kini, mereka bisa menempuhnya selama tiga jam saja, meski masih dalam kondisi macet.

Lebih cepatnya waktu tempuh dari Cilegon ke Anyer ada beberapa sebab. Pertama karena kondisi jalan yang ada sudah lebih baik saat ini jika dibanding dengan tahun lalu. Selain itu, adanya pengaturan dari pihak kepolisian juga ikut turut andil dalam mengurai kemacetan. "Tahun ini macetnya berkurang, karena kepolisian aktif menjaga. Tahun kemaren parah banget," tegasnya.

Para pengelola hotel dan daerah wisata di Pantai Anyer berharap agar pemerintah dan aparat kepolisian bisa saling bekerjasama agar wisatawan dapat terus berdatangan ke Banten. Sehingga mampu menambah pemasukan bagi kas daerah dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

"pemerintah harus berperan promosi dalam kawasan wisata Anyer. Seperti SDM, orang lokal dibina, dibimbing untuk ide kreatif, seperti home industri untuk dijual. Kalau ke Jogja dan Bandung, ada ciri khas, kalau di Anyer belum ada. Malah yang dijual peyeum khas Bandung," kata aasisten front office manager Hotel Mambruk, Farid, saat ditemui diruangannya, Minggu (03/01/2016).

Hotel Mambruk Anyer yang memiliki 128 kamar ini mengatakan bahwa kondisi libur Natal dan Tahun Baru saat ini kondisinya sangat baik karena kondusifitas keamanan di Banten.

"Khusus untuk natal ada peningkatan, dari tanggal 24 sampai 28 desember per hari di tahun ini rata 90 persen, kalau di tahun lalu tidak sampai 4 hari. Libur tahun baru 100 persen, terisi penuh," tegasnya. (Yandhi Deslatama/Gdn)


**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.