Sukses

Mengintip Proyek Patung Emas Raksasa Pemimpin China

Pembangunan patung raksasa tersebut menarik perhatian warga dunia setelah foto pembangunannya tersebar di dunia maya.

Liputan6.com, Shanghai - Sebuah patung raksasa bercat emas berbentuk mantan pemimpin China, Mao Zedong sedang dibangun di Tongxu County, China. Patung raksasa tersebut menarik perhatian warga dunia setelah foto proyek pembangunannya tersebar di dunia maya.

Dalam foto tersebut, terlihat patung Mao Zedong setinggi 36,6 meter ini sudah masuk dalam tahap penyelesaian.

Patung tersebut dibangun di Desa Zhushigang, Tongxu County dan menghabiskan biaya hingga US$ 644.000 atau setara dengan Rp 8,96 miliar. Kabarnya, uang tersebut berhasil dikumpulkan atas hasil donasi beberapa pengusaha dan penduduk setempat.

Patung tersebut dibangun sebagai simbol penghormatan atas jasa yang telah diberikan Mao Zedong selama memimpin China. Sebelumnya, warga China juga pernah membangun patung Mao Zedong di perayaan hari lahir ke-115 tahun.

The gold colouring is a symbol of prosperity for many Chinese people. Picture: ChinaFotoPress/ChinaFotoPress via Getty Images

Mao Zedong adalah seorang filsuf dan pendiri negara Republik Rakyat Tiongkok. Ia adalah salah satu tokoh terpenting dalam sejarah modern Tiongkok. Mao Zedong juga pernah menjabat sebagai pemimpin China sejak 1949 hingga ia tutup usia pada tahun 1976. (Vna/Nrm)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.