Sukses


6 Rumah Paling Unik di Dunia

Anda berencana merenovasi rumah tahun ini? Tapi bingung ingin merenovasi rumah dengan model seperti apa?

Liputan6.com, Jakarta - Anda berencana merenovasi rumah tahun ini? Tapi bingung ingin merenovasi rumah dengan model seperti apa?

Terkadang kebigungan menentukan desain rumah yang Anda alami kerap terjadi, apalagi di awal tahun. Karena memang bukan perkara mudah menentukan beberapa hal seperti, gaya bangunan, bagaimana memilih cat rumah, memikirkan bajet renovasi, hingga memikirkan memakai jasa tukang bangunan yang dapat dipercaya dan memiliki kredibilitas yang mumpuni.

Tidak hanya itu, kebosanan acap kali muncul ketika beberapa model rumah sudah ‘menjamur’ sehingga tidak menunjukkan sisi beda. Terutama untuk Anda yang suka terobosan baru dan menyukai anti-mainstream.

Beberapa orang memiliki hunian yang unik dan aneh didasari dari kebutuhan dan daya imajiner yang luar biasa. Dimulai dengan menjawab asas memenuhi kebutuhan dasar seperti adanya optimalisasi ruangan pada rumah, pencahayaan alami untuk konsep hunian ramah lingkungan, memanfaatkan lahan yang minim, hingga ingin mendapatkan suasana baru yang asri dan alami sukses membuat rumah yang ternyata benar memberikan nilai keanehan tersendiri.

Apabila Anda termasuk orang-orang tersebut, ada baiknya Anda mencoba hal baru dengan melihat inspirasi – inspirasi rumah aneh yang ternyata bisa memberikan kehidupan.

Berikut ini daftar enam rumah unik di dunia yang dikutip dari www.rumah.com, siapa tahu bisa meinspirasi Anda.

1. Waterfall home

Waterfall home (rumah air terjun) yang ada di Bear Run, Pennsylvania ini dibangun di atas waterfall yang masih aktif. Konsep rumah ini sangat aneh, dinding terbuat dari marmer dan bebatuan jelas mengamankan pondasi rumah dari tekanan air.

Namun, terbayangkah oleh Anda jika segala aktifitas yang biasa Anda lakukan seperti menonton tv, membaca buku, mandi, makan, dan semua kegiatan rumah di tengah-tengah gemericik air terjun?

2. Rumah sempit, The Karret House


Source: earthporm.com

Jika Anda mengeluhkan kondisi rumah yang sempit, Anda harus lihat rumah The Karret House satu ini. Bisa jadi rumah ini lebih kecil dari rumah Anda. Ukurannya hanya 92x152 cm.


Source: earthporm.com

Rumah ini kian kecil ketika dilihat dari luar. Sebab, letaknya dihimpit oleh dua apartemen besar di kiri-kanannya. Rumah ini hanya memiliki satu kamar tidur dan satu kamar mandi.

3. Rumah Pesawat Boeing 727


Source: earthporm.com

Anda pecinta pesawat terbang? Jika iya, satu inspirasi rumah berbentuk pesawat ini mungkin bisa membantu Anda. Rumah pesawat yang terbuat dari kerangka badan Boeing 727 ini berlokasi di Kosta Rika, dengan harga jual pesawat sebesar U$ 4.000 atau sekitar Rp 26,9 juta (asumsi kurs Rp 13.484 per dolar AS).

Sedangkan untuk biaya penempatan pesawat hingga Kosta Rika membutuhkan biaya lebih banyak sebesar U$ 4.000.

Untuk mendapatkan rumah berbentuk pesawat ini juga, pemilik merenovasi pesawat mulai dari interior dan penambahan aksen di dalamnya, diperlukan biaya sebesar Rp 323,6 juta. Rumah ini hanya terdapat dua kamar tidur dan satu ruang santai yang luas.

4. Rumah Buaya di Pantai Gading

Buaya, hewan berdarah dingin yang terkenal buas ternyata bisa menjadi tempat tinggal. Tapi rumah buaya yang satu ini bukan dari hewan buaya asli. Laayaknya rumah-rumah lain, bentuk rumah terbuat dari fondasi bata dan semen yang dibentuk menyerupai tubuh buaya. Meski demikian, rumah ini tetap aneh.

5. Rumah Tempat Sampah

 

Tidak terbayang, bagaimana tinggal di dalam tempat pembuangan sampah. Rumah tempat sampah karya desain dari Gregory Kloehn berlokasi di Brooklyn, Amerika Serikat. Meski ukurannya mini, rumah ini memiliki fasilitas lengkap layaknya rumah lainnya.

Pemilik yang juga desainer interior rumah tempat sampah ini melengkapi fasilitas seperti toilet mini, microwave, dan kulkas.

6. Rumah di atas Batu di Serbia

Jika rumah terbuat dari batu mungkin sudah biasa, tetapi jika rumah berada di atas batu dan di tengah danau itu sangat aneh dan luar biasa.

Tidak ada tetangga, hanya ikan-ikan dan menyendiri di tengah-tengah danau. Bahkan jika Anda ingin ke supermarket Anda harus mengayuh sampan hingga ke darat.

Foto: pixabay.com

(Kantri/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.