Sukses

Mendag Yakin Harga Pangan Bakal Membaik di Akhir Januari

Indonesia masih akan dihadapkan El Nino yang akan ganggu pasokan beras pada 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Harga kebutuhan pokok dan sayuran yang melonjak pada periode libur Natal dan Tahun Baru diyakini akan mengalami penurunan pada akhir bulan ini.

Menteri Perdagangan Thomas Lembong mengatakan, hal itu terjadi karena pada akhir Januari akan ada panen raya untuk sejumlah komoditas sayuran, seperti cabai. Harga cabai pada libur Natal dan Tahun Baru mengalami kenaikan hingga mencapai Rp 50 ribu per kg.

"Lonjakan harga sementara berkaitan dengan musim libur akhir tahun dan cuaca. Cabai lebih banyak di sentra produksi. Akhir bulan ini akan mulai panen raya jadi lonjakan harga di cabai dan telur ayam sementara," ujar dia di Jakarta, Rabu (6/1/2016).

Meski pada akhir tahun lalu harga bahan kebutuhan pokok dan sayuran mengalami lonjakan, namun menurut Thomas secara keseluruhan tingkat inflasi sepanjang 2015 mampu dijaga dengan baik.

"Saya yakin rezim kebijakan kita sudah kondusif untuk memerangi inflasi. Kita sudah ada momentum yang baik dengan inflasi 3,3 persen di 2015. Kita mau berjuang jangan sampai momentum ini hilang," kata dia.

Namun demikian, pada tahun ini Indonesia masih akan dihadapkan pada sejumlah persoalan yang menganggu stabilitas pasokan dan harga komoditas pangan, salah satunya yaitu ada El Nino yang akan menganggu pasokan beras dari dalam negeri.

"Tapi tantangannya banyak. Contohnya El Nino, barang primer seperti beras kebetulan secara regional stoknya lagi tipis. Mungkin tergantung dari komoditasnya. Ayam, telur, cabai, saya yakin ini akan reda lagi," tandas dia. (Dny/Ahm)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini