Sukses

Bagaimana Menyiapkan Dana dengan Bijak demi Menikah di 2016?

Biaya yang tidak sedikit seringkali membuat sakit kepala dan ingin rasanya menunda supaya tidak terasa berat.

Liputan6.com, Jakarta Menikah tentunya menjadi salah satu resolusi di kehidupan Anda. Memang menikah tidak semudah yang dibayangkan. Biaya yang tidak sedikit seringkali membuat sakit kepala dan ingin rasanya menunda supaya tidak terasa berat.

Padahal dengan cara yang tepat, Anda tetap bisa melangsungkan pernikahan sesuai tanggal yang telah ditentukan.

Sebelum menyimak apa saja tips menyiapkan dana pernikahan dengan sehat, ada baiknya Anda mengetahui berapa seharusnya gaji ideal Anda sesuai standar pasar kerja Indonesia. Tentunya ini disesuaikan dengan posisi Anda saat ini, industri dan lamanya Anda berkarir. Tak hanya itu, Anda juga mendapatkan tips keuangan yang sesuai dengan besarnya gaji Anda.

Hal ini penting untuk mengukur berapa seharusnya alokasi dana yang perlu Anda sisihkan demi menyiapkan dana pernikahan. Selain itu, jika ternyata gaji Anda masih di bawah rata-rata pasar, Anda bisa merencanakan gaji yang lebih baik di masa yang akan datang demi kehidupan rumah tangga yang lebih sejahtera.

Lalu bagaimana solusi menyiapkan dana pernikahan dengan sehat? Yuk, simak beberapa tips di bawah ini:

1. Sisihkan Gaji Minimal 30%

Yup, Anda dan pasangan harus menyisihkan gaji minimal sebesar 30% untuk dialokasikan ke investasi. Investasi memang jauh lebih menguntungkan, karena nilainya akan terus bertambah. Anda pun bisa berinvestasi dengan membeli emas atau mata uang asing.

2. Pikirkan Konsep Kreatif

Buatlah konsep yang kreatif untuk pernikahan Anda, misalnya saja dengan menyebarkan undangan via e-mail. Selain untuk menghemat uang dan waktu, undangan via e-mail lebih bisa dikreasikan oleh Anda dan pasangan. Untuk makanan, Anda bisa membuat keunikan dengan mengundang jajanan khas pinggir jalan untuk menambah aneka makanan.

3. Tahan Dulu Kencan Malam Minggu

Kencan saat malam minggu tentunya membutuhkan pengeluaran yang tidak sedikit. Anda pun bisa mengganti kencan Anda dengan berkumpul di rumah. Uang untuk kencan pun bisa mulai Anda sisihkan untuk mencicil keperluan pernikahan Anda.

4. Manfaatkan Asuransi Kesehatan

Mungkin Anda tidak tahu jika asuransi kesehatan yang selama ini Anda bayarkan bisa membantu budget pernikahan Anda. Selain memberikan jaminan kesehatan, asuransi juga memberikan jaminan investasi Anda. Uang investasi dari asuransi dapat Anda tarik untuk menjadi budget pernikahan.

Jadi, tidak usah ragu lagi untuk menikah di tahun 2016, asalkan rencana keuangan Anda bisa dijalankan dengan baik.

Untuk memaksimalkan rencana menyiapkan dana pernikahan ini, Anda perlu mencari tahu apakah gaji yang Anda terima saat ini sudah sesuai dengan standar gaji di pasar kerja Indonesia. Apakah perusahaan sudah menghargai Anda sesuai dengan posisi, industri dan lamanya Anda berkarir?

Daripada penasaran, segera cek saja dengan fitur Salary Benchmark, hasil kerja sama Karir.com dengan Kelly Services Indonesia dan Fokus Finansial.

Setelah mengetahui berapa seharusnya gaji ideal Anda, Anda akan menerima tips karir dan tips keuangan yang sesuai dengan besarnya gaji Anda. Hal ini penting untuk membantu Anda menyusun rencana karir dan gaji 2016, juga jangka panjang, tentunya tak hanya demi diri Anda sendiri namun juga pasangan dan keluarga.

Keuntungan lainnya, ajak teman menggunakan fitur ini dan raih kesempatan memenangkan 1 unit Vespa S!

Nah, selamat mencoba dan semoga mimpi menikah Anda terwujud di 2016!

(Adv/CT)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.