Sukses

KAI Bakal Tambah Pengoperasian 10 Kereta Api pada 2016

KAI juga akan menambah kapasitas kereta barang untuk pengangkutan di Sulawesi Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) berencana melakukan penambahan operasi rangkaian KA baru untuk beberapa wilayah di Jawa pada 2016. Penambahan KA ini seiring dengan rampungnya pemesanan gerbong ke PT Inka (Persero).

Direktur Komersial KAI Candra Purnama menuturkan, setidaknya akan menerima 10 kereta baru pada Mei 2016 yang siap dioperasikan sebelum musim Lebaran yang jatuh pada Juli 2016.

"Jadi nanti akan ada 5 rangkaian K3 ‎(kelas ekonomi) dan 5 rangkaian K1 (kelas eksekutif), nanti semua bisa kita operasikan saat musim lebaran," kata Candra di Gedung Jakarta Railway Center (KRC), Jakarta, Rabu (6/1/2016).

Mengenai rute-rute yang akan dioperasikan, Candra mengungkapkan kereta-kereta baru itu akan diarahkan ke beberapa rute padat seperti salah satunya ke Surabaya.

Sementara itu, Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro menambahkan penambahan operasi jumlah rangkaian kereta ini sejalan dengan peningkatan kinerja perusahaan di 2016. Edi mentargetkan pada 2016 sebesar Rp 20 triliun.

"Selain kita akan tingkatkan jumlah kapasitas KA barang, kita juga akan operasikan kereta-kereta baru itu, itu salah satu strategi yang akan kita lakukan tahun ini," terang dia.
‎

Edi menambahkan mengenai kereta barang, perseroan akan menambah kapasitas juga untuk pengangkutan di Sulawesi Selatan. Ini dilakukan seiring dengan selesainya pembangunan double track di wilayah tersebut.

"Kita juga sudah selesaikan pengadaan 1.200 gerbong barang dan 39 lokomotif baru, ini kita akan alokasikan mayoritas ke sana," ujar Candra. (Yas/Ahm)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.