Sukses

UANGPEDIA: Mencapai Tujuan Keuangan dengan Reksa Dana

Punya sejumlah tujuan keuangan? Yuk coba investasi lewat reksa dana.

Liputan6.com, Jakarta - Masing-masing individu dan yang sudah berkeluarga biasanya memiliki tujuan keuangan. Bagi Anda yang berkeluarga mungkin sudah memikirkan biaya pendidikan anak dan menyiapkan dana pensiun untuk hari tua.

Kemudian bagi yang single mungkin ingin pergi liburan baik luar negeri dan dalam negeri. Atau sudah mulai memikirkan untuk membiayai pernikahan. Bila Anda ingin mencapai tujuan keuangan tersebut, salah satunya bisa dilakukan dengan memiliki investasi. Salah satu investasi dapat jadi pilihan yaitu reksa dana.

Produk investasi ini dapat disesuaikan dengan tujuan keuangan Anda. Head of Operation and Business PT Panin Asset Management, Rudiyanto menuturkan hal pertama untuk mengetahui tujuan keuangan antara lain mengetahui nominal dan kapan tujuan keuangan dilakukan. Dengan mengetahui tujuan keuangan itu maka dapat mengetahui produk reksa dana yang dapat menjadi pilihan.

“Bila kita sudah mengetahui tujuan keuangan baru tentukan reksa dana,” ujar Rudiyanto, Senin (11/1/2016).

Ia menuturkan, ada sejumlah reksa dana dapat menjadi pilihan berinvestasi untuk mencapai tujuan keuangan. Pertama, reksa dana pasar uang untuk tujuan jangka pendek. Kedua, reksa dana pendapatan tetap untuk tujuan keuangan 1-3 tahun, reksa dana campuran di atas 3 tahun, dan di atas lima tahun baru reksa dana saham.

 Nah, berhubung masih awal tahun baru mungkin ini waktunya Anda mulai berinvestasi. Ingin tahu bagaimana mewujudkan tujuan keuangan dengan reksa dana?

Berikut wawancara Liputan6.com dengan Head of Operation and Business PT Panin Asset Management Rudiyanto:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.