Sukses

Jokowi Minta Serapan Anggaran Kemenhub Naik pada 2016

Presiden Joko Widodo juga berharap para pejabat di Kementerian Perhubungan aktif turun ke lapangan.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatatkan penyerapan anggaran tidak mencapai 80 persen pada 2015. Pencapaian yang rendah tersebut ternyata mendapat perhatian dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Dalam penandatanganan kontrak paket proyek infrastruktur di Kemenhub pagi ini, Jokowi berpesan kepada seluruh jajaran pegawai Kemenhub untuk bekerja lebih baik lagi di 2016.

"Seluruh jajaran Kementerian Perhubungan saya minta bekerja lebih baik lagi. Saya tahu tadi sudah di laporkan realisasi serapan dua tahun lalu 75 persen, tahun kemarin 76 persen, saya harapkan tahun ini bisa meningkat di atas 90 persen,"‎ kata Jokowi, Senin (18/1/2016).

Untuk mencapai serapan anggaran yang diharapkan, Jokowi berpesan kepada Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dan seluruh jajarannya untuk selalu menyiapkan berbagai hal dengan lebih matang.

Tidak hanya itu, Jokowi juga berharap para pejabat di Kemenhub harus aktif turun ke lapangan untuk mengkontrol setiap proyek yang dijalankan.

"Saya minta agar setiap pekerjaan yang ada di cek, dikontrol. Saya minta menteri dan dirjen memiliki kecerdasan jalanan, jangan melihat dari atas meja saja, karena anomali, distorsi adanya di lapangan," papar Jokowi.

Ia mencontohkan, dirinya selalu meninjau beberapa proyek infrastruktur di berbagai wilayah, seperti Jalan Tol Trans Sumatra.

"Jangan berharap saya hanya datang di ground breaking, pasti akan saya datangi 2-5 kali, saya cek lagi, saya pastikan itu, jangan ada yang main-main dengan kualitas," tegas Jokowi. (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini