Sukses

Siapa Sangka, Kebiasaan Ini Bisa Sebabkan Lelah Bekerja

Penyebabnya mungkin bukan karena daya tahan tubuh berkurang. Sejumlah hal tak terduga bisa menjadi pemicu Anda mudah letih.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah belakangan ini Anda merasa cepat lelah, mengantuk atau lemas ketika sedang bekerja di kantor? Penyebabnya mungkin bukan karena daya tahan tubuh berkurang.

Sejumlah hal tak terduga bisa menjadi pemicu Anda mudah letih padahal hari masih siang. Mulai dari main ponsel sebelum tidur hingga meja berantakan. Kebiasaan tak terduga berikut ini sebaiknya dihindari agar kerja bisa lebih maksimal seperti dilansir dari carrerealism, Senin (18/1/2016):

1. Kurang Minum

Mengantuk saat sedang bekerja mungkin karena Anda sering begadang semalaman. Namun dikutip dari situs Dailymail, kurang minum juga bisa membuat Anda cepat lelah, terutama di musim panas.

Dehidrasi menyebabkan jumlah darah berkurang dan membuat tubuh bekerja lebih keras untuk menyediakan nutrisi dan oksigen. Hal itu akan buat Anda letih dan mengantuk.

2. Main Ponsel Sebelum Tidur

Cahaya biru yang terpancar dari handphone dan televisi dapat menghambat hormon melatonin yang berfungsi mengatur siklus terlelap dan bangun.

Karenanya Anda jadi lebih sulit tidur dan mengantuk keesokan hari. Menurut studi yang dilakukan Michigan State University, sebaiknya Anda tidak aktif menggunakan ponsel melewati pukul 21:00.

3. Jarang Olahraga

Dikutip dari sebuah penelitian yang dilakukan University of Georgia, olahraga akan membuat Anda tidak mudah lelah. Studi tersebut membuktikan orang dewasa yang olahraga tiga kali seminggu selama tiga puluh menit akan merasa lebih berenergi dan menurunkan gejala kelelahan sebanyak 65 persen.

Bila Anda benar-benar tak sempat latihan, sediakan waktu 30 menit untuk jogging tiga kali seminggu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya?

4. Makan Malam Terlalu Malam

Sebaiknya hindari makan terlalu malam. Bukan hanya membuat tubuh lebih gemuk, hal tersebut akan membuat Anda merasa letih saat bangun pagi. Mengkonsumsi makanan berat sebelum istirahat akan mengganggu sistem pencernaan sehingga menyebabkan tidur tidak nyaman. Usahakan untuk makan malam tak lebih dari jam 20:00.

5. Kurang Zat Besi

Wanita yang kekurangan zat besi bisa merasa lebih cepat kelelahan. Hal itu dikarenakan zat besi mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh melalui sel darah merah. Tanpa asupan oksigen, fungsi otot dan otak menjadi berkurang sehingga menurunkan tingkat energi.

Untuk menambah zat besi, perbanyak mengkonsumsi sereal, roti, brown rice, dan sayuran hijau, terutama saat haid.

6. Terlalu Banyak Kafein

Agar tetap terjaga, banyak karyawan mengkonsumsi minuman berkafein sebelum mulai bekerja lembur. Hal itu memang tidak dilarang asalkan tidak terlalu banyak karena akan menyebabkan kelelahan dan malah mengantuk. Untuk itu, batasi konsumsi kopi Anda. Minulah kopi satu kali saja di pagi hari.

7. Meja Berantakan

Siapa sangka meja berantakan juga merupakan penyebab mudah letih saat kerja. Sebuah studi dari Priceton University menunjukan jika barang-barang berserakan membuat orang merasa kewalahan dan terbatas. Hal itu akan menyebabkan perasaan frustasi dan akhirnya kelelahan.(Vna/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.