Sukses

5 Rute Kereta Paling Berbahaya Sejagat, Salah Satunya Ada di RI

Kereta api adalah salah satu moda transportasi paling favorit saat ini

Liputan6.com, Jakarta - Kereta api adalah salah satu moda transportasi paling favorit saat ini. Selain nyaman dan murah, jika tak ada gangguan, naik kereta api bisa memberi jaminan waktu dan bebas macet.

Namun kadang naik kereta api juga membuat jantung penumpang berdebar, jika si ular besi itu melewati jalur rel yang berbahaya. Misalnya di tengah jurang, di laut, lintasan menggantung dan lainnya.

Sejumlah negara di dunia punya jalur rel kereta yang bahaya. Yang mengejutkan adalah salah satu jalur atau rute kereta di Indonesia masuk dalam daftar jalur kereta paling berbahaya di dunia yang ditulis wonderfulengineering.com. Berikut daftarnya seperti dilansir Liputan6.com, Selasa (19/1/2016).

1. Kuranda Scenic Railway

Rute rel kereta yang tak umum ini dibangun pada abad ke-18 yang menghubungkan Kuranda dan Cairns. Jika lewat jalur ini, penumpang akan disuguhi pemandangan menakjubkan.

Rasa takut karena kanan kiri jurang yang curam dikalahkan juga oleh pemandangan hutan hijau dan air terjun yang spektakuler. Ini juga dijadikan situs warisan dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

2. Rute Jakarta-Bandung

Jika pernah pergi naik kereta dari Jakarta ke Bandung atau sebaliknya, pasti pernah melewati rute ini. Jembatan yang dikenal dengan nama Jembatan Cikurutug ini membuat rute kereta Jakarta-Bandung adalah salah satu rute paling berbahaya di dunia.

Selain itu, penumpang juga bisa melihat hamparan bukit hijau yang luas serta persawahan di sekitar, kala melintasi jembatan ini.

Jembatan yang terletak di sekitar Purwakarta ini bisa juga dilihat dari jalan tol Cikampek- Purwakarta-Padalarang. Umur dari jembatan ini juga sudah tua, dan dikabarkan dibangun sejak zaman Belanda. Namun sejauh ini jalur tersebut aman dilewati.

3. Tren A las Nubes

Rutel rel kereta ini juga dikenal dengan namana Train In The Clouds. Rute ini dibangun di ketinggian 13.850 kaki di atas permukaan laut dan menjadi rel kereta api tertinggi ketiga di dunia.

Rel ini menghubungkan La Polvorilla di perbatasan Chill ke Salta di Utara Argentina. Rute ini dilengkapi 20 jembatan, 13 jembatan tinggi dan lebih dari 10 jembatan di atas jalan.

3 dari 3 halaman

4. White Pas and Yukon Route

Rute yang menakjubkan ini dibangun selama Klindike Gold Rush di 1898. Rute ini dibangun di bukit berketinggian 9.000 kaki dan membentang sepanjang 20 mil.

5. Chennai-Rameswaram Route

Ini dia rute kereta paling menakjubkan namun juga paling berbahaya. Pernahkan terbayang untuk naik kereta di tengah-tengah laut? Cobalah pergi ke India dan coba kereta dengan rute Chennai-Rameswaram Route.

Rute ini dibangun di atas jembatan sepanjang 1,4 mil dan seluruhnya di atas Samudera Hindia. Rute ini dibangun di abad ke 19. Kereta itu harus berjalan pelan selama meluncur di jembatan ini dan menghabiskan waktu 20 menit untuk melewati jemmbatan ini.

Beberapa kecelakaan pernah terjadi di rute ini. Paling terakhir terjadi di 1964 kala badai menyapu seluruh badan kereta. (Zul/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.