Sukses

Pelajari 4 Budaya Kerja Ini Kalau Mau Sukses di Kantor Baru

Budaya kerja memang sangat penting untuk dikembangkan karena memberikan dampak yang positif terhadap sebuah pencapaian di tempat kerja.

Liputan6.com, Jakarta - Budaya kerja merupakan suatu sistem nilai, persepsi, perilaku dan keyakinan yang dianut oleh tiap individu karyawan dalam kegiatan mencapai tujuan organisasi dan individual.

Budaya kerja memang sangat penting untuk dikembangkan karena memberikan dampak yang positif terhadap sebuah pencapaian perubahan yang tentunya berkelanjutan di tempat kerja. Selain itu juga meningkatkan produktivitas kerja.

Sebagai karyawan baru tentunya diwajibkan untuk mempelajari budaya perusahaan. Namun banyak yang merasa kebingungan mengenai hal apa saja yang harus di pelajari karena mereka tergolong orang yang baru terjun di dunia kerja sehingga kurangnya pengetahuan dan pengalaman.

Sebenarnya apa saja yang harus Anda perhatikan? Melansir laman cheatsheet.net, Kamis (21/1/2016) berikut tipsnya:

1. Pakaian kerja

Jika Anda hanya memiliki dua pasang celana panjang dan cardigan di lemari dan sekarang Anda mendapatkan tawaran pekerjaan di sebuah perusahaan yang memiliki budaya berpakaian rapi dan formal. Itu tandanya Anda harus segera menambah isi lemari dengan cepat.

Manfaatkan jika ada diskon besar-besaran di toko, belilah beberapa potong pakaian kerja. Jadi Anda tidak khawatir lagi dengan apa yang harus Anda kenakan ke kantor esok

2. Mengatur jam tidur

Mulailah disiplin untuk mengatur jam tidur malam karena jika tidak pagi Abna pun akan menjadi kacau. Kurang tidur bisa menyebabkan kantuk dan kurangnya kosentrasi, akibatnya semua pekerjaan akan berantakan.

Dapatkan tidur malam yang efektif, dengan istirahat yang cukup, Anda akan mendapatkan pagi yang segar dan siap menghadapi hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya?

3. Menjaga keseimbangan antara kerja dan kehidupan pribadi

Menjaga keseimbangan antara keduanya memang tidak mudah, ini akan menjadi sebuah tantangan. Di satu sisi, semangat dan dorongan dari profesional muda yang bersemangat melakukan pekerjaannya.

Di sisi lain, kita tetap mempunyai kehidupan pribadi yang harus tetap kita jaga. Satu cara efektif yang dapat Anda coba adalah dengan menghindari memeriksa email kantor pada akhir pekan dan mematikan ponsel, cara ini akan membuat Anda menikmati waktu libur dengan keluarga tanpa ada gangguan pekerjaan.

4. Mencari mentor

Mencari mentor karir yang cocok dapat membantu Anda meraih kesuksesan karir. Ada banyak hal yang dapat Anda pelajari dari mereka. Selain itu mereka akan membantumu mengubah beberapa hal dari sifat yang kurang baik.

Mentor memang sangat diperlukan untuk membimbing Anda. Terlebih lagi jika Anda merupakan seorang yang baru terjun ke dunia pekerjaan sehingga membutuhkan banyak arahan. (Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini