Sukses

Bappebti Ingin Perdagangan Berjangka Komoditi‎ Jadi Unggulan

Itu karena Indonesia merupakan salah satu penghasil komoditi terbesar yang dibutuhkan banyak negara.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) berharap perdagangan berjangka komoditi ‎ menjadi andalan pada pelaksanaan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Itu karena Indonesia merupakan salah satu penghasil komoditi terbesar yang dibutuhkan banyak negara.

Sekretaris Bappebti Marthin Simanungkalit‎ menuturkan beberapa komoditi unggulan Indonesia seperti kopi, sawit, kakao dan karet.

"Kopi Indonesia menempati nomor tiga, sawit kita menempati produksi teratas 26 juta metrik ton per tahun," ujarnya di Jakarta, Rabu (20/1/2016).

Dia mengatakan, dengan perdagangan berjangka komoditi memberikan banyak keuntungan. Perdagangan berjangka komoditi menjadi sarana lindung nilai serta pembentukan harga yang transparan. "‎Alternatif investasi yang sangat diperlukan bagi usaha," kata dia.

‎Namun dia mengaku, pada praktiknya perdagangan berjangka komoditi belum optimal. Porsi yang digarap masih sangat kecil. Padahal, masih ada potensi yang sangar besar khususnya dalam perdagangan multilateral. "Untuk itu jadi tugas kita semua untuk bangun‎," tandas dia.(Amd/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.