Sukses

Ini Dia Racun Paling Mahal dan Berbahaya di Dunia

Hanya satu sendok teh, kandungan zat di cairan ini mampu membunuh semua penduduk Inggris.

Liputan6.com, Jakarta - Zat ini merupakan cairan berbahaya paling beracun yang pernah dikenal manusia. Hanya satu sendok teh, kandungan zat di cairan ini mampu membunuh semua penduduk Inggris.

Cairan ini juga sangat berbahaya hingga proses produksinya pun dilakukan di instalasi militer. Cairan apakah itu?

 

Botulinum toxin atau yang lebih dikenal dengan nama botox, merupakan racun yang menjelma menjadi obat yang sering digunakan dalam industri kecantikan.

Cairan yang diproduksi dari bakteri Clostridium botulinum pada awal abad 18 ini juga merupakan zat paling mahal di dunia. Dilansir dari BBC, (23/1/2016), produksi 1 kilo botox menelan biaya mencapai 100 triliun poundsterling.

Walaupun begitu, penggunaan zat ini memang harus diikuti prosedur dokter karena harus memperhatikan dosis yang diberikan. Dosis yang berlebihan dapat berakibat fatal bagi kesehatan, termasuk kematian.

Dalam uji toksisitas LD-50 terungkap bahwa zat ini hanya boleh dipakai dengan dosis 0,000001 mg/kg. Lebih dari dosis tersebut, botox akan menjelma menjadi racun yang mematikan bagi tubuh.

Botolinum toxin mampu berefek fatal dengan mengacaukan saluran pernafasan manusia. Zat ini mampu masuk ke dalam saraf dan menghancurkan protein penting bagi pertumbuhan.

Namun di balik bahaya yang dimiliki, Botox merupakan contoh dari racun yang dimanfaatkan sebagai obat di industri kesehatan. Botox sering dimanfaatkan untuk menunjang perawatan anti-penuaan dengan menghilangkan kerutan, terutama pada area dahi dan sekitar mata.

Selain itu botox juga dapat digunakan untuk memperbaiki bagian-bagian tertentu dari wajah seperti membentuk bibir, memancungkan hidung, memperbesar bentuk mata. (Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini