Sukses

3 Langkah Cerdas Cepat Punya Rumah

Bagi Anda yang single dan berkeluarga tak ada alasan untuk memiliki properti karena harganya cenderung naik.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki keinginan untuk segera punya rumah sendiri merupakan hal yang wajar dan sudah sepatutnya, terutama bagi Anda yang telah bekerja dan memiliki penghasilan cukup. Akan ada banyak hal yang menjadi alasan kenapa seseorang ingin segera memiliki rumah di antaranya:

1.  Memiliki sejumlah dana yang telah siap dan bisa digunakan untuk kepentingan tersebut dan anda melihat hal ini sebagai sebuah bentuk investasi bagi masa depan.

2. Tempat kerja yang jauh dari rumah membuat anda akhirnya berpikir untuk memiliki sebuah rumah pribadi dan tinggal terpisah dengan orangtua.

3. Akan segera menikah dan membangun sebuah keluarga yang baru bersama pasangan.
Dari ketiga alasan tersebut di atas, maka yang paling sering digunakan adalah yang terakhir.

Keinginan untuk segera memiliki rumah akan sangat besar dimiliki oleh pasangan yang akan segera berumah tangga karena pada umumnya mereka ingin belajar hidup mandiri dan tinggal terpisah dengan orangtua dan keluarga lainnya.

Namun hal tersebut bukan berarti menjadi tolak ukur bagi Anda yang masih lajang, tak ada salahnya mulai memikirkan dan segera memiliki rumah sendiri juga.

Meski masih lajang, namun memiliki sebuah rumah tetaplah menjadi satu hal sangat penting untuk segera diwujudkan, mengingat harga properti akan semakin tinggi dan mahal dari tahun ke tahun.

Jadi tak ada gunanya menunda dan menunggu karena semakin lama maka akan semakin tinggi harganya dan semakin sulit Anda untuk membelinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah-langkah untuk Memiliki Rumah

Beberapa langkah di bawah ini perlu untuk anda cermati saat akan mewujudkan keinginan anda untuk memiliki sebuah rumah seperti dikutip dari www.cermati.com , Senin (25/1/2016):

1. Menyesuaikan Kebutuhan

Anda harus benar-benar tahu apa sebenarnya yang  dibutuhkan dan hal ini juga berlaku saat anda memutuskan untuk membeli sebuah rumah.

Jangan asal pilih dan beli saja, Anda harus memilki gambaran yang jelas tentang rumah yang benar-benar anda butuhkan saat ini, karena seringkali yang kita inginkan bukanlah yang kita butuhkan.

Untuk saat ini mungkin belum membutuhkan sebuah hunian yang besar karena masih lajang dan pada umumnya saat seseorang akan menikah juga tidak akan memilih/ membeli rumah yang besar karena baru memiliki sebuah keluarga kecil.

Hal-hal seperti ini sangat penting untuk anda pertimbangkan dengan matang-matang, karena sebuah rumah yag besar tentu juga harus ditebus dengan dana yang besar pula dan selain itu rumah yang besar tentu akan menghabiskan biaya perawatan/ pemeliharaan yang besar.

Karena itu pertimbangkan kembali kebutuhan anda dan sesuaikan dengan kemampuan finansial yang anda miliki, terutama bagi Anda yang berkeinginan untuk membeli rumah dengan cara kredit.
Jangan sampai cicilan bulanannya membuat  kewalahan dan mengalami kekacauan dalam anggaran keuangan.

2. Paham Rincian Kredit

Membeli rumah secara tunai  akan sangat mudah dan cepat untuk dilakukan, namun bukan berarti anda akan selalu mengalami kesulitan saat mengajukannya melalui sistem kredit atau cicilan.

Anda dapat mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) kepada bank, dengan catatan anda telah memiliki dana sebagai uang muka yang jumlahnya sekitar 20 persen-30 persen dari total harga rumah yang akan dibeli tersebut.

Ada banyak bank yang menawarkan produk KPR, namun sebagai calon nasabah,  sebaiknya benar-benar jeli memilih KPR yang lebih menguntungkan untuk Anda.

Bandingkan fasilitas dan penawaran yang diberikan oleh beberapa bank pilihan anda, cermati setiap rincian produk yang mereka berikan, seperti: bunga, persyaratan, pinalti, dan beragam fasilitas lainnya seperti asuransi.

3. Cari referensi lain

Ketika Anda telah memiliki sebuah pilihan rumah yang akan dibeli, maka langkah selanjutnya adalah mencari dan memilih bank yang tepat sebagai sumber pendanaan.

Dalam hal ini tak ada salahnya anda bertanya pada teman atau kerabat yang memiliki pengalaman menggunakan KPR atau anda juga bisa menanyakannya kepada konsultan keuangan yang ahli di bidang tersebut.

Hal ini akan sangat penting dan berguna untuk mengantisipasi anda memilih sumber pendanaan yang salah.

Jadi, Sudah Siap Memiliki Rumah?

Sekarang, tinggal Anda yang mau mengikuti cara-cara di atas atau tidak. Semua kembali kepada Anda. Jadi, sudah siap memiliki rumah impian Anda? (Ahm/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini